Himadiksi Unsur Akan Gelar Ngamumule Bahasa Sunda

0 61

CIANJUR – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (Himadiksi) Universitas Suryakancana (Unsur) menggelar rapat untuk mematangkan acara dengan tema ‘Ngamumule Bahasa Sunda’ yang akan di gelar pada Maret mendatang di auditorium FKIP Unsur.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Indah Mulia Lestari mengatakan, kegiatan tersebut nantinya bakalan diikuti oleh para peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP, SMA dan Umum. Adapun kegiatannya akan berlangsung selama empat hari.

“Untuk menjaga, melestarikan dan mengangkat budaya Sunda, acara akan dikemas sedemikian rupa dalam bentuk kasundaan. Jadi di bulan Maret yang bertempat di auditorium FKIP Unsur akan ada parade seni, perlombaan bagi pelajar, dan seminar kebudayaan. Untuk tahun ini fokus yang diangkat adalah mengenai bahasa Sunda,” kata Indah kepada Cianjur Ekspres, baru-baru ini.

Bisa dipastikan, acara yang akan berlangsung itu akan diwarnai beberapa perlombaan yang berkaitan dengan bahasa Sunda. Indah berharap acara nantinya akan berjalan lancar dan sukses melebihi acara yang telah dilaksanakan sebelumnya di Unsur.

“Mungkin akan ada beberapa perlombaan yang baru, khususnya mengenai kebahasaan seperti ngalagena atau sebagainya. Tapi yang jelas lomba baca puisi, lomba biantara atau ngadongeng, kawih tetap menjadi andalan kami yang tidak akan dihilangkan,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Himadiksi FKIP Unsur, Sandi Suryadi Kusuma menjelaskan, rapat tersebut memang sering diadakan dengan tujuan untuk memaksimalkan acara. Dalam acaranya nanti, akan banyak sekali hal unik di acara ngamumule budaya sunda tahun ini.

“Adanya semarak kaulinan Sunda, yang di harapkan budaya itu bisa bertahan pada zaman milenial sekarang, adanya mojang-jajaka untuk pelopor penggerak budaya dimana sasarannya yaitu masyarakat khususnya masyarakat kampus,” pungkasnya. (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.