Pemerintah Sudah Tunjukan Dukungan Pemekaran

0 92

CIANJUR – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Cianjur yang membahas Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur terus melakukan konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan di tingkat Provinsi Jawa Barat dan nasional.

Anggota Pansus Revisi RPJMD, Isnaeni, mengatakan, kunjungan ke Bappeda Provinsi Jawa Barat dan Bappenas tersebut, pihaknya berkonsultasi terkait hal yang dimasukan dalam revisi tersebut, mulai dari aturan hingga perihal lainnya. Namun, lanjut dia, yang utama dalam revisi tersebut ialah dimasukannya pemekaran atau pembentuan Daerah Otonomi Baru (DOB) dalam RPJMD.

“Memang perlu ada revisi, mengingat ada regulasi terbaru kaitan RPJMD dan menyingkronkan program provinsi dengan pemerintahannya yang baru serta perencanaan pembangunan pusat. Tapi yang paling penting ialah kaitan DOB,” kata dia kepada Cianjur Ekspres saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (8/1).

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur dari Fraksi Partai Golkar tersebut mengatakan, masuknya DOB dalam revisi RPJMD menjadi udara segar atas usulan pemekaran yang selama ini muncul.

Menurutnya, pemerintahan Cianjur saat ini juga menunjukan dukungan dan persetujuannya terhadap rencana DOB, terutama untuk wilayah Cianjur selatan. Bahkan, Isnaeni menyebutkan, jika pucuk pimpinan Cianjur bersedia untuk menandatangani usulan DOB.

“Selama ini kan hanya dari para kelompok warga dan DPRD yang mengusulkan, sedangkan eksekutif kerap menolak. Hal itu tentunya jadi suatu kendala, sebab harus ada kesepakatan dari dua sisi. Namun sekarang sepertinya ada respon poisitif, bahkan dalam pembicaraan belum lama ini, eksekutif siap menandatangani usulan DOB,” kata dia.

Oleh karena itu, tambah dia, Pasus DPRD akan mengupayakan usulan DOB secara optimal melalui revisi RPJMD. Meskipun nantinya setelah masuk RPJMD pun butuh beberapa tahun hingga DOB terealisasi.

“Kami akan terus mengupayakan, termasuk mendorong agar ada percepatan setelah DOB ini masuk ke RPJMD,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Cianjur menanggapi sejumlah usulan pemekaran yang belakangan ini kembali muncul. Namun, khusus pemekaran Cianjur selatan Pemkab berencana untuk mempercepat dan memasukannya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Dekat (RPJMD) Kabupaten Cianjur.

Perlu diketahui, belakangan ini desakan untuk pemekaran muncul, baik dari wilayah selatan untuk jadi Kabupaten Cianjur Kidul dan wilayah utaran untuk menjadi Kota Cipanas.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, untuk dengan tim pemekaran Kota Cipanas, dirinya sudah melakukan komunikasi, belum lama ini.

Menurutnya, usulan dari mereka ialah ingin menjadikan Cipanas dan beberapa wilayah di sekitarnya lebih maju dengan sumber dana dari pihak swasta. Hal itupun akan didukung Pemkab, sehingga pemekaran tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Jadi fokus ke pengembangan dan pembangunan, itu sudah dikomunikasikan. Belum akan ke arah pemekaran,” kata dia.

Sementara itu, untuk Cianjur selatan, ungkap Herman, sudah menjadi perhatian dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu prosesnya akan dipercepat.

Bahkan, lanjut dia, rencana pemekaran Cianjur selatan bakal masuk dalam RPJMD. Maka dari itu, Pemkab bersama dengan bakal melakukan revisi untuk memasukan ODB Cianjur selatan ke RPJDM tersebut.(bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.