Sujumlah Alumni  SMAN 1 Sosialisasikan PTN/PTS 

Diharapkan Bisa Membantu Siswa Dalam Mengambil Keputusan Kuliah

0 28

SEJUMLAH mahasiswa alumni SMAN 1 Cianjur yang tergabung dari 16 Universitas, melakukan sosialisasi Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) kepada para siswa kelas XII yang dilakukan di aula sekolah, Senin (7/1). Sosialisasi tersebut dilakukan bertujuan untuk mematangkan para siswa untuk melanjutkan kuliah.

Koordinator BK SMAN 1 Cianjur, Novie Irawaty mengatakan, kegiatan sosialisasi PTN/PTS memang kegiatan yang rutin dilaksanakn setiap tahun.

“Kami memanfaatkan alumni, terutama alumni yang baru lulus dari Smansa kemudian masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta. Nah biasanya dulu juga mereka dibantu oleh kakak kelasnya diberikan informasi, dan sekarang juga mereka gantian untuk memberikan informais ke adik kelasnya,” kata Novie kepada Cianjur Ekspres.

Dalam sosialisasi tersebut, membahas tentang pengalaman tentang jalur masuk perguruan tinggi, prospek kerja, tempat kos dan lainnya.

“Misalnya ada jurusan-jurusan tertentu yang anak-anak itu merasa asing dan mereka yang menjelaskan. Kalau misalkan jurusan managemen itu jadi apa? Kerjanya di mana? Kami pikir kalau hanya informasi dari guru BK kan mungkin kurang bisa melengkapi, sementara kalau para mahasiswa ini kan yang ada di dunia pendidikannya itu, dan nanti mereka bakal tau mau jadi apa jurusan mereka itu,” ungkapnya.

Berbagai informasi yang diberikan oleh para mahasiswa alumni SMAN 1 Cianjur, diharapkan bisa membantu para siswa kelas XII untuk mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan keinginan dan keahlian para siswa.

“Saya yakin para siswa kelas XII itu sudah mempunyai pilihannya masing-masing, hanya terkadang mereka butuh sesuatu untuk lebih memantapkan lagi. Biasanya kalau harus memilih ada galau-galaunya gitu,” katanya.

Sementara Kepala SMAN 1 Cianjur, Haruman Taufik Kartanegara menambahkan, para siswa di SMAN 1 Cianjur yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri memang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu, pihaknya pun mengundang para mahasiswa alumni SMAN 1 Cianjur, untuk memberikan pencerahan kepada para siswa kelas XII.

“Kami tahu para siswa di Smansa yang ingin masuk ke perguruan tinggi dan bercita-cita ingin melanjutkan kuliah sangat membludak. Dari pada mereka mendapatkan informasi dari luar, atau dia sendiri berangkat ke perguruan tinggi, maka kami undang dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jabar dan sekitar Jabar untuk memberikan pencerahan,” tambahnya. (job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.