Bulog Akan Terapkan BPNT

0 61

BULOG Subdivre Cianjur bakal mengoptimalkan pendistribusian beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) hingga April 2019. Pasalnya setelah April, di Cianjur akan diterapkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Bulog Subdrive Cianjur Agus Siswantoro, mengatakan, untuk kuota dan jumlah penerima Rastra di Cianjur tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni sekitar 189.959 RTS-PM. Namun untuk saat ini masih belum bisa didistribusikan, mengingat pihaknya perlu berkoodinasi lagi dengan instansi terkait.

“Kalau sebelumnya kan dengan badan ketahanan pangan daerah (BKPD), tapi sekarang dengan Dinas Sosial. Makanya kami koordinasi dan masih lakukan perencanaan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Menurutnya, sistem distribusi Rastra di Cianjur akan menerapkan konsep pada tahun sebelumnya, karena masih dinilai aman dari kecurangan oknum di lingkungan Bulog. Mengingat, beberapa waktu lalu ada sejumlah oknum yang diproses hukum berkaitan dengan rastra.

“Ya kami terus melakukan antisipasi untuk meminimalisir kecurangan oleh oknum, di samping pembinaan juga kepada pegawai. Kami rasa sistem distribusi di Cianjur itu aman, hingga nanti peralihan ke sistem bansos lain,” kata dia.

Agus menambahkan, jika nanti BPNT sudah diterapkan, distribusi bantuan sosial dipastikan akan lebih aman dan tepat sasaran. Namun pihaknya masih melakukan perencanaan terkait data dan kesiapan lainnya.

“Rencananya setelah April sudah beralih, tapi untuk pastinya dilihat nanti,” kata dia.

Untuk BPNT, lanjut dia, setiap pihak termasuk swasta bisa bekerjasama. Tetapi diharapkan mereka bisa membuat program bantuan sosial tersebut terlaksana secara maksimal.(bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.