Clean the City Bebersih Sampah Tahun Baru

Lebih Baik Nyampah di Medsos daripada Nyampah Nembarangan

0 76
RATUSAN warga Cianjur yang tergabung dalam komunitas Clean the City melakukan gerakan bersih-bersih pasca tahun baru di sejumlah titik di wilayah perkotaan, Selasa (1/1). Hal itu dilakukan untuk menyadarkan warga agar selalu peduli terhadap kebersihan.
Kegiatan tersebut diawali dengan kampanye kesadaran buang sampah pada tempatnya. Dimulai dari Jalan Ir H Juanda (selakopi) hingga bundaran tugu Lampu Gentur.
Kegiatan dilanjutkan dengan agenda utama yakni bersih-bersih kota dari sampah. Para relawan dan anggota komunitas Clean the City pun dibagi dua, untuk membersihkan sekitar tugu Lampu Gentur dan wilayah perkotaan, terutama kawasan alun-alun serta sejumlah jalur protokol.
Koordinator Clean the City, Kiki Rafi mengatakan, ada ratusan orang yang terlibat, terdiri dari orangtua, pemuda, hingga anak-anak yang memang peduli terhadap kebersihan.
“Kami sudah empat tahun terbentuk, tapi baru tiga kali agenda bersih-bersih ini seperti ini. Jadi untuk gerakan ini di Cianjur masih setahun sekali, utamanya momen pergantian tahun,” ujar dia kepada Cianjur Ekspres,Selasa (1/1).
Selain momentum pergantian tahun, lanjut dia, komunitas Clean the City berencana untuk terlibat dalam kampanye lingkungan bersih dan sadar buang sampah pada tempatnya di momentum besar di daerah, seperti hari jadi dan karnaval lainnya.
Namun, sementara waktu, pihaknya masih berfokus pada pasca pergantian tahun, mengingat masih berproses untuk bermitra dengan pemerintah daerah dalam kampanyenya.
Apalagi, kata dia, momentum pergantian tahun juga masih jadi saat dimana sampah menumpuk, lantaran warga yang belum sadar buang sampah pada tempatnya, ditambah karena masih belum cukupnya sarana yang ada.
“Tapi minimalnya kami terus mengingatkan mereka agar tak buang sampah sembarangan. Bahkan dalam kampanye kemarin malam, dituliskan juga lebih baik nyampah di media sosial daripada nyampah sembarangan. Kalau di mesos kan tidak berbentuk fisik,” kata dia.
Dia berharap dengan kampanye dan gerakan bersih-bersih tersebut, bisa menumbuhkan kesadaran warga Cianjur untuk buang sampah pada tempatnya.
“Kami ingin warga peduli lingkungan, tidak buang sampah sembarangan. Meskipun hal kecil, tapi kalau jadi kebiasaan bersama akan menimbulkan dampak besar. makanya kesadaran ini perlu ditanamkan dan bernar-benar tumbuh di pribadi warga Cianjur sekarang dan ke depannya,” tutup dia.(adv/bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.