Study Club Ciptakan Siswa Berprestasi

Meningkatkan Wajah MAN 1 Cianjur Dibidang Akademik

0 9

CIANJUR – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Canjur siap bersaing dan berprestasi melalui ekstrakurikuler (Ekskul) Study Club yang dilaksanakan setiap hari setelah pembelajaran selesai di ruangan serbaguna MAN 1 Cianjur. Study Club juga mengajarkan para siswa dalam berorganisasi dan bagaimana cara siswa agar berprestasi.

Pembina Ekskul Study Club MAN 1 Cianjur, Dodi Setiadi mengatakan, Study Club adalah ekskul khas yang ada di sekolah-sekolah tertentu, termasuk di MAN 1 Cianjur. Karena Study Club ini lebih kepada sebuah kegiatan diluar kegiatan belajar mengajar (KBM) tetapi pada prinsipnya masih KBM.

“Tujuannya dalam rangka memberikan kultur pembelajaran yang baik di luar KBM, meningkatkan prestasi dan kualitas kompetisi supaya anak siap berkompetisi di tempat yang lain. Yang paling penting bagaimana mengangkat nama di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional melalui perlombaan akademik, karena ini lebih ke akademik,” kata Dodi kepada Cianjur Ekspres, Rabu (5/12).

Dodi mengungkapkan, Study Club tersebut sebetulnya meningkatkan bagaimana wajah MAN 1 Cianjur di bidang akademik. Study Club tersebut lebih mengarah ke penambahan portopolio anak yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Karena kan di sana sudah jelas akan menyertakan piagam prestasi dari akademik. Dengan stady ini kami akan terus mencoba untuk digalakkan. Walaupun secara formal ini memang baru, karena sebelumnya memang Sains Club,” ungkapnya.

Pelajaran yang ada di ekskul Study Club tersebut diantaranya Arabi Club, English Club, dan Sains Club. Dalam Sains Club juga membidangi beberapa divisi yang berkalitan dengan pelajaran yang suka dilombakan, terutama di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Beberapa pelajaran tersebut diantaranya Sains, Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Ekonomi dan Geografi.

“Dalam Study Club ini ada dua arahan untuk para siswa, pertama bagaimana supaya anak bisa belajar berorganisasi, dan bagaimana anak bisa berprestasi. Intinya lebih ke kegiatan belajar, berlatih dan berkompetisi. Berbeda dengan ekskul yang lain, karena ini harus ada prestasi, dan itu lah tujuan dari Study Club,” kata Dodi.

Pelaksanaan ekskul Study Club dilaksanakan dari pukul 13.00 Wib, hingga pukul 14.00 Wib. Ekskul tersebut memang tidak diwajibkan untuk para siswa, namun menjadi anjuran untuk para siswa untuk bergabung di Study Club.

“Kami sangat berharap dengan Study Club ini bisa menambah iklim belajar yang kuat, siap berkompetisi secara akademis dengan pihak luar dan bisa memperkuat prestasi MAN 1 Cianjur. Jadi ada dua kultur, bersaing dan berprestasi, sehingga kultur yang baik bisa menular ke siswa-siswa yang lain,” tandasnya. (job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.