Sejahterakan Masyarakat Melalui PID

0 45

PEMERINTAH desa di Kabupaten Cianjur didorong untuk mampu menerapkan berbagai inovasi yang sukses dijalankan oleh desa yang programnya dinilai berhasil. Oleh karena itu, pemerintah desa pun disuguhkan fasilitas saling bertukar inovasi melalui Bursa Inovasi Desa.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Firdaus Alawi, mengatakan, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Kementerian Desa PDTT RI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa secara berkualitas.

PID mendukung capaian target RPJM 2015-2019 dengan mendukung pembangunan desa secara kreatif sehingga dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.

Dia menyebut, Bursa Inovasi Desa yang digelar Selasa (4/12) di gedung Assakinah menjadi momentum yang tepat bagi desa-desa di Kabupaten Cianjur untuk terpacu menjadi sektor vital pembangunan.

“Sekarang momentum tepat bagi desa untuk jadi sektor vital pembangunan melalui inovasi kreatif seiring dengan potensi desa yang begitu kaya,” ujar dia kepada Cianjur Ekspres saat ditemui di sela kegiatan, Selasa (4/12).

Firdaus menuturkan, hal mendasar dalam mengembagkan desa adalah keterbaruan inovasi dan pertukaran pengetahuan antar desa. “Maka dasarnya adalah keterbaruan inovasi dan pertukarannya. Inovasi ini didapat dari realitas hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, apalagi Bursa Inovasi Desa ini merupakan BID ke-2,” ungkapnya.

Sebagai indikator keberhasilan, Firdaus menjelaskan setiap desa pada acara kali ini diberi sebuah form komitmen mengenai pertukaran ide dan inovasi yang kemudian dicoba diterapkan di desa lain. Jika sejalan dengan RKP Desa, maka pertukaran ide dan inovasi akan dinilai berhasil.

“Ada form komitmen, desa nanti akan diberi pilihan sebuah program dari desa lain, nah jika mereka bisa menerapkan sesuai RKPDesa ya dinilai berhasil,” jelasnya.

Menurutnya, praktik unggul inovasi desa pada acara tersebut telah didokumentasikan menjadi bagian pembelajaran desa-desa agar dapat direplikasi jadi kegiatan di tahun selanjutnya. Maka dari itu diharapkan, percepatan dan ketepatan sasaran pembangunan dapat segera tercapai.

“Kami juga terima kasih kepada semua jajaran panaitia pelaksana yaitu pengurus TPID se-Kabupaten Cianjur, juga kepada Bapak Wakil Bupati yang telah memberikan sambutan tak lupa Bapak Kadis DPMD Cianjur beserta seluruh jajaran yang telah memfasilitasi dengan sebaik mungkin teraelenggaranya acara ini,” tutupnya.(adv/bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.