Pencapaian Pembangunan Infrastruktur Sudah 95 Persen

0 40

CIANJUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur mengklaim di awal Desember ini capaian pembangunan infrastruktur jalan sudah 95 persen, dari total 196 ruas jalan yang dibangun di tahun ini.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan, panjang ruas jalan kabupaten di Cianjur lebih kurang ada 1.200 kilometer, dengan target pembangunan jalan mantap 8 persen setiap tahunnya.

Target 8 persen di tahun ini, lanjut dia, dipastikan akan tercapai mengingat dari hampir 200 ruas jalan yang akan dibangun, progresnya sudah di angka 95 persen.

“Jadi ada sekitar 96 ruas jalan panjang dan 100 jalan dengan bentangan yang pendek dibangun di tahun ini. Tinggal pengerjaan yang masuk di perubahan anggaran 2018 yang dikerjakan, progresnya sudah baik. Jadi kalau secara total sudah 95 persen, dipastikan bisa tuntas di Desember ini,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Menurutnya, untuk jalan mantap di tahun ini sudah berada di angka 52 persen dari total panjang jalan kabupaten, di tahun depan pun diharapkan sudah bisa naik dan di atas 60 persen. Dengan begitu, pada akhir masa jabatan kepemimpinan bupati dan wakil bupati sekarang, jalan mantap sudah 70 persen.

Eri menambahkan, target 70 persen itupun akan melampaui standar pembangunan minimal untuk jalan mantap yang hanya di angka 60 persen dari total panjang jalan kabupaten.

“Itu sudah masuk dalam perencanaan jangka panjang kabupaten. Kami rasa 70 persen jalan mantap itu bisa terlaksana,” kata dia.

Pada 2019, ungkap dia, pemkab juga akan melakukan pembangunan ke ruas jalan menuju destinasi wisata. Hal itu dilakukan untuk menunjang perencanaan pengembangan wisata Cianjur, sebagai tujuan utama bagi wisatawan dari berbagai daerah, termasuk dari mancanegara.

“Untuk ruas jalan Gunung Padang itu kan tinggal melanjutkan, tinggal beberapa kilometer. Termasuk ke destinasi lainnya. Jadi selain menunjang aktivitas ekonomi, pembangunan infrastruktur akan menunjang ke sektor wisata,” pungkasnya.(bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.