Gelar Maulid Tingkatkan Semangat Belajar

0 12

JL SILIWANGI – Melalui peringatan maulid nabi, kita tingkatkan semangat belajar dan beramal kebajikan demi mencapai ridho illahi. Demikian tema yang diambil SDN Ibu Dewi 6 saat melaksanakan peringatan maulid nabi Muhammad SAW, belum lama ini.

Kepala SDN Ibu Dewi 6, Atang Gunawan mengatakan, di samping pokok memperingati maulid nabi, kegiatan itu lebih diimplementasikan kepada aktifitas siswa, salah satunya seperti penampilan membacaayat-ayat Alquran.

“Jadi dalam setahun terakhir anak-anak itu oleh guru agamanya dilatih untuk baca doa pendek, surat pendek, kasidah dan lainnya yang berkaitan dengan pendidikan keagamaan. Melalui momen seperti ini mereka kita tampilkan,” kata Atang kepada Cianjur Ekspres, Senin (3/12).

Atang menjelaskan, dalam momen maulid nabi tersebut dimanfaatkan untuk menguji sejauh mana kemampuan siswa saat tampil secara langsung di panggung.

“Untuk sekarang topiknya berkaitan dengan meningkatkan belajar dan sodakoh para siswa. Ketika siswa itu belajar, siswa akan menyadari betapa pentingnya sodakoh. Kalau anak tidak belajar, tidak akan mengerti tentang makna atau arti dari sodakoh seperti apa,” kata Atang.

“Karena dari nabi itu yang paling patut di contoh adalah ahlakul karimah. Jadi kami menanamkan karakter melalui maulid nabi kepada anak, bagaimana ahlakul karimah yang dilakukan oleh nabi agar bisa ditiru dan ditauladani oleh mereka,” lanjutnya.

Sementara terselenggaranya kegiatan maulid nabi tersebut tidak terlepas dari para orang tua siswa. Anggaran yang digunakan bersumber dari dana infak orang tua. “Ini berkat sumbangsih orang tua, dana infak ini kita juga bagikan kepada anak yatim yang ada di SDN Ibu Dewi 6,” jelasnya. (job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.