Dokter di Poli Jiwa Akan Bertambah

Untuk Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pasien RSUD Cianjur

0 35

CIANJUR – Untuk meningkatkan pelayanan dan menambah kuota pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur akan menambah tenaga medis untuk poli jiwa. Saat ini pelayanan untuk poli jiwa sangat terbatas, karena minimnya tenaga medis.

Direktur RSUD Cianjur, Ratu Tri Yulia mengatakan, untuk saat ini jumlah dokter di poli jiwa hanya ada seorang. Akibatnya pelayanan per harinya sangat terbatas. Bahkan sehari maksimal hanya ada lebih kurang 60 pasien jiwa yang bisa ditangani.

“Makanya perlu ada penambahan, rencananya di awal 2019 akan ditambah satu lagi. Jadinya nanti ada dua orang dokter untuk poli jiwa. Secara otomatis, kuota pasien juga meningkat,” kata Ratu kepada CIanjur Ekspres, belum lama ini.

Menurutnya, terbatasnya jumlah pasien yang terlayani disesuaikan dengan kemampuan dari tenaga medisnya. Dikhawatirkan jika terlalu dipaksakan lebih banyak lagi melayani dalam sehari, pemeriksaan akan kurang maksimal.

“Jadi bukan dibatasi, namun disesuaikan dengan kemampuan. Jika terlalu banyak juga tidak maksimal. Apalagi jam pelayanan kan hanya sampai sekitar pukul 14.00 Wib,” kata dia.

Ratu menjelaskan, untuk pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara online melalui aplikasi percakapan whatapps ataupun datang langsung ke poli untuk mengambil nomer antrean.

Menurutnya, untuk pendaftaran online, rata-rata dilakukan sehari sebelumnya, supaya pada hari akan berobat sudah disiapkan rekam medisnya. Tapi tidak sedikit juga yang datang langsung dengan kondisi darurat.

“Untuk kuota pendaftaran online, kuotanya sekitar 40 pasien, sementara yang langsung sekitar 20 sampai 30 pasien. Banyak juga pasien yang dari wilayah selatan yang daftar langsung, kami pun pasti layani,” kata dia.

Dia menambahkan, pasien yang dilayani pun kebanyakan sudah memiliki rekam medis masalah kejiwaan. Pemberian obat pun disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dan resep dari dokter.

“Akan sangat kecil kemungkinannya terjadi kesalahan, sebab dilakukan pemeriksaan oleh dokternya. Obat pun berdasarkan resep,” kata dia.

Ratu berharap setelah ada penambahan tenaga medis, pelayanan di poli jiwa RSUD Cianjur bisa lebih optimal.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.