SMAN 1 Cianjur Juara 1 LSS

Berhak Mewakili Wilayah 1 Bogor di Tingkat Provinsi

0 56

SEKOLAH Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cianjur berhasil masuk lima besar sekaligus sebagai wakil dari Cianjur untuk Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya tim dari Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (LSS UKS/M) tingkat Provinsi Jabar, melakukan visitasi LSS UKS/M Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2018 di SMAN 1 Cianjur.

Salah satu yang dinilai dalam LSS yakni kebersihan di area sekitar sekolahan serta ventilasi ruangan yang sesuai dengan standar ruangan. Ruangan kelas tidak ada coretan serta tidak kotor atau ruangan tertata rapi dan bersih. Perlengkapan yang harus ada di UKS, lingkup kantin sekolah, area kamar mandi, pendidikan kesehatan, area kamar mandi dan lainnya.

Kepala SMAN 1 Cianjur, Haruman Taufik Kartanegara mengatakan, LSS sebagai salah satu saranana ataupaun motivasi pihaknya untuk meraih cita-cita mengubah karakter dan prilaku. “Visitasi dari lomba sekolah sehat ini adalah salah satu motivasi buat kami untuk mengubah karakter atau prilaku, karena kami telah berkomitmen untuk hijrah dari yang tidak baik menjadi lebih baik. Yaitu untuk merubah prilaku atau pembiasaan-pembiasaan ke arah yang lebih baik,” kata Haruman kepada Cianjur Ekspres, Rabu (21/11).

Dikatakan Haruman, juara bukan menjadi target utamanya, namun baginya juara itu adalah bonus. Baginya juara yang sesungguhnya apabila prilaku dan pembiasaan-pembiasaan di SMAN 1 Cianjur sudah terbentuk.

“Tentu perjuangan kami untuk merubah prilaku dan karakter ini membutuhkan proses, dan proses itu insya allah bahwa kami akan terus optimis untuk melaluinya. Kalau terjadi prilaku dan pembiasaan ke arah yang lebih baik, yang lain bisa terlampaui termasuk juara lomba sekolah sehat ini,” katanya.

Pihak sekolah juga telah berkomitmen dalam merubah prilaku dan karakter pembiasaan yang baik secara jasmani dan rohani serta komitmen tersebut telah ditandatangani oleh semua dewan guru dan karyawan SMAN 1 Cianjur sebagai komitmen bersama.

“Kami tenaga pendidik dan kependidikan berkomitmen mendukung dan berpartisipasi dalam menciptakan sekolah dengan lingkungan yang sehat, bersih, rapih, indah, dan asri. Serta memberikan prilaku perbuatan yang disiplin dan bertanggung jawab dalam rangka merubah karakter pembiasaan menuju ke arah yang lebih baik,” kata Haruman.

Dikatakan Haruman, demi generasi penerus bangsa khususnya peserta didik SMAN 1 Cianjur sebagai bentuk pembelajaran yang sebenarnya, pihaknya sangat mendukung sekolah sehat sebagai salah satu sarana untuk mengubah karakter pembiasaan tersebut.

“Harapan kami tentunya mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar perjuangan kami untuk dunia pendidikan akan berhasil apabila ada perubahan prilaku di sekolah dan itu berarti sekolah sudah berhasil. Karena tujuan pendidikan adalah mengubah prilaku, karakter dan pembiasaan,” paparnya.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Tatang Supriatna memberikan apresiasi atas keberhasilan SMAN 1 Cianjur meraih juara 1 LSS 1 Bogor dan maju mewakili lomba tingkat Provinsi Jabar.

“Atas nama kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan SMAN 1 Cianjur. Kadisdikbud dan jajaranya berharap dan berdoa agar SMAN 1 Cianjur berhasil meraih prestasi tingkat Jabar dan membawa nama Cianjur di level nasional,” harapnya. (adv/job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.