Pergantian Musim, Peternak Diimbau Menjaga Kebersihan

0 19

CIANJUR – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur mengimbau peternak agar tetap menjaga kebersihan lingkungan peternakan dan memastikan hewan dalam kondisi baik di masa pergantian musim.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur, Agung Rianto mengatakan, saat masa pergantian musim, hewan sering mengalami penurunan nafsu makan, dan rawan terserang penyakit.

“Supaya hewan – hewan di peternakan tidak terserang penyakit, kami imbau para peternak untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan, di samping terus memeriksa kesehatan hewan, ” ucapnya kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, peternakan unggas di saat pergantian musim sering terjangkit penyakit Newcastle Diseanse Virus (NDV). ” Biasanya para peternak jika menemukan unggas yang terkena penyakit NDV langsung memotongnya, itu pun cuman beberapa ekor saja,” katanya

Dia menjelaskan, untuk hewan pemakan rurumputan saat musim penghujan peternak suka meniriskannya terlebih dahulu dan di campur sumplemen hewan.

“Para peternak saat pergantian musim kemarau ke penghujan mereka sudah tahu saat memberikan pakan, dan di dampingi para petugas lapangan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan,” kata dia

Agung menambahkan, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan telah menyiapkan layanan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di beberapa daerah di Kabupaten Cianjur.

“Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan hewan peliharaan atau pun peternakan, bisa datang ke Puskeswan di 3 wilayah, Puskeswan Cipanas, Puskeswan Sukanagara dan Puskeswan Agrabinta,” ujarnya. (bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.