Ajari Kepemimpinan, SDN Sirnagalih Wajibkan Siswanya Ikut Prjusa

0 88

CILAKU – Sedikitnya 95 siswa SDN Sirnagalih mengikuti pelatihan Pramuka Jumat-Sabtu (Prjusa) yang dilakukan dihalam sekolah. Mereka yang ikut pelatihan pramuka tersebut berasal dari kelas IV, V dan IV. Adapun tujuannya untuk mendidik siswa tentang ke Pramukaan.

Kepala SDN Sirnagalih, Asep Sulaiman menjelaskan, kegiatan pelatihan ke Pramukaan tersebut adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan sesuai dengan peraturan materi pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) No 63 tahun 2014 tentang pendidikan Pramuka sebagai ekstra kulikuler (Ekskul) wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

“Maka dengan itu kami sebagai gugus depan perlu adanya pelatihan-pelatihan khusus untuk anak-anak. Dan alhamdulillah kami telah melaksanakan Prjusa yang diikuti oleh sebanyak 95 siswa dari tiga kelas. Anak-anak pun begitu antuisas melalui bimbingan dan pembinaan yang dilakukan oleh semua guru,” kata Asep kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Dalam pelatihan Pramuka tersebut ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh semua siswa, diantaranya diberikan materi tentang latihan dasar kepemimpinan, game, api unggun yang dibimbing langsung oleh semua guru SDN Sirnagalih.

“Sebelum kegiatan kami meminta surat izin kepada orangtua siswa, bahwa akan dilakukan pelatihan Prjusi. Alhamdulilah kegiatannya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, dan semua guru pun hadir ikut membimbing,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan ke Pramukaan tersebut dilakukan bertujuan untuk mendidik siswa tentang ke Pramukaan, menanmkan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersaamaan sosial, cinta alam dan kemandirian peserta didik.

“Adanya kegiatan ini, semoga siswa-siswi kami mempunyai jiwa kepribadian kepemimpinan yang luar biasa, cinta terhadap alam dan sosial, serta menjadi siswa-siswi yang berguna untuk lingkungan yang ada disekitarnya,” pungkasnya. (job3/sri)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.