Lagi, Cianjur Sabet Tiga Penghargaan

Berhasil Melaksanakan ODF, Tenaga Kesehatan Teladan dan Sanitarian

0 35

KABUPATEN Cianjur berhasil menjadi pertama Open Defecation Free (ODF) atau daerah yang telah melaksanakan stop buang air besar sembarangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar yang telah sukses melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang disinergikan dengan upaya kolaboratif antara inovasi pemimpin daerah, kemitraan lintas sektor dan partisipasi aktif masyarakat, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (12/11).

ODF adalah kondisi atau keadaan suatu individu dalam komunitas dengan tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan kotoran/tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa. Agar usaha tersebut berhasil, maka akses masyarakat pada jamban (sehat) harus tercapai pada seluruh komunitas.

Komitmen untuk menyukseskan program ini menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan STBM dengan mengedepankan pembangunan sanitasi berbasis partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, sehingga secara bertahap dapat mengubah perilaku higienis dan sanitasi di masyarakat.

“Maka dari itu, sejak awal tahun terus kami genjot pembangunan sanitasi dan penyadaran warga untuk tidak buang air besar sembarangan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar.

Menurutnya, di tahun 2018 ini sekitar 80 desa sudah menjalankan program sanitasi. Ditargetkan 2019, 200 desa sudah sadar untuk tidak buang air besar sembarangan.

“Kami yakin itu tercapai, mengingat di tahun ini pun dari nol bisa langsung sebanyak itu. Makanya dapat penghargaan, dan jadi daerah yang pertama kali dapat anugrah tersebut di Jawa Barat,” tuturnya.

Selain mendapatkan juara pertama katagori ODF, Kabupaten Cianjur juga mendapatkan juara pertama tenaga kesehatan teladan katagori bidan yaitu atas nama Gina Farida AM, Keb dari Puskesmas Ciranjang dan katagori sanitarian sebagai juara pertama atas nama Rubi Gilang Purnama, SKM dari Puskesmas Cipanas. (adv/bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.