Bagaimana Mengenal Alam

Perhimpunan Pendaki Gunung dan Pecinta Alam Cianjur Adakan Lomba Lintas Alam

0 26

PACET- Sedikitnya 820 peserta dari berbagai daerah mengikuti lomba lintas alam yang digelar Perhimpunan Pendaki Gunung dan Pecinta Alam Cianjur, Minggu (11/11). Lomba lintas alam yang mengambil rute sepanjang 15 kilometer di kaki bukit Gunung Halang, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet itu merupakan salah satu rangkain memperingati hari pahlawan 10 Nopember 2018.

Ketua Panitia Pelaksana Perhimpunan Pendaki Gunung dan Pecinta Alam Kabupaten Cianjur H Dudu Badrujaman mengatakan, peserta yang mengikuti acara lomba lintas alam tersebut terdiri dari berbagai kalangan pemuda. Mulai dari anak sekolah tingkat SMK/SMA dan pemuda dari bergai daerah seperti dari Pemalang, Tangerang, Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

“Lomba lintas alam ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan pengalaman kepada para peserta, khususnya pemuda bagaimana cara mengenal dengan alam. Selain itu, juga ingin menyatukan keselarasan bersama para pecinta alam,” ungkap H Dudu kepada Cianjur Ekspres, Minggu (11/11)

Dudu mengatakan, trek yang dilalui para peserta lintas alam itu sendiri sepanjang 15 kilometer, yang terdiri dari 70 persennya melewati alam, 10 persen peserta akan melewati pesawahan, 10 persen melewati sungai dan 10 persen lagi akan melewati perkampungan.

“Jadi lebih kepada pengenalan alam kepada para peserta,” katanya.

Dikatakan Dudu, ada 5 pos yang sudah disiapkan oleh panitia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita sebar petugas keamanan disepanjang jalur trek yang dilewati oleh peserta, jadi kita antisipasi semua keamanannya,” terang Dudu.

Dudu mengatakan, acara tersebut juga mendapatkan dukungan dari pemerintahan Desa Ciherang, Kapolres dan Dandim 0608, dan Armed 05/Tarik Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu saja, menurutnya peserta juga mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan.

“Ada sejumlah hadiah yang kita berikan bagi peserta yang beruntung. Hadiah doorprizenya seekor kambing, hadiah berupa tropi dan juga uang pembinaan,” katanya.

Dudu berharap, diadakannya lomba lintas alam ini bisa menjaga keberadaan alam di lingkungan masing-masing. “Karena kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi,” tandasnya. (adv/yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.