Curah Hujan Mulai Tinggi Daerah Rawan Bencana Waspada

0 96

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam dua pekan terakhir, mulai melanda wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Beberapa wilayah kecamatan yang masuk zona rawan bencana longsor seperti di Kecamatan Campaka, mulai memberikan imbauan agar pemerintah desa mulai melakukan antisipasi kebencanaan.

Dikatakan Camat Campaka M Fatah Rizal, peringatan dini yang mulai diberlakukan itu sebagai upaya antisipasi pontensi bencana baik banjir maupun longsor yang bisa terjadi kapan saja.

“Mulai saat ini Intensitas curah hujan mulai tinggi. Karena itu, saya imbau para kades dan relawan bisa lebih tanggap terhadap datangnya bencana longsor dan banjir,” kata Rizal kepada Cianjur Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/10).

Ditegaskan Rizal, untuk para kades agar bisa intens melakukan koordinasi dengan para RT juga relawan yang berada di wilayahnya, khususnya area rawan banjir dan longsor.

Perangkat desa diperintahkan membuat langkah-langkah untuk meminimalisir korban, baik masyarakat maupun fasilitas, apabila terjadi banjir maupun longsor. Format laporan kejadian yang meliputi korban dan terdampak banjir juga segera dipersiapkan.

Mesti hingga kini belum ada laporan terjadinya bencana yang terpantau di wilayah Campaka. Lokasi yang memang dianggap rawan bencana hingga kini masih aman terkendali. Demikian juga dengan lokasi yang berpotensi diterjang longsor.

“Yang tak kalah pentingnya rencana titik posko tanggap darurat kebencanaan dan posko kesehatan jika terjadi longsor dan banjir,” pungkasnya.(zen/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.