Even The 4th Cianjur Koi Show 2018 Digelar

Ratusan Peserta Ikuti Kontes Nasional

0 153

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Sebanyak 900 peserta dari berbagai daerah, mengikuti kontes The 4th Cianjur Koi Show di Ayola Hotel, Kecamatan Pacet. Event nasional kontes Ikan Koi ini digelar selama empat hari mulai Jumat (26/10) hingga Minggu (28/10).

Pada perhelatan tersebut tampil sebagai grand champion, empat ikan milik Henry Vanda asal Jakarta dengan klub Samurai Koi Centre Bandung, Ronald asal Cianjur dengan klub Samurai Koi Centre Bandung, Slamet Kurniawan asal Jakarta dengan klub Boncel dan Narko, Garden Widjaya asal Jakarta dengan klub Gading Koi Centre Cibodas.

Ketua penyelenggara The 4th Cianjur Koi Show 2018, Erwan Hendrawan, mengatakan, ada 19 jenis kategori yang diperlombakan dengan dibagi empat kelas yaitu kelas A, B,C dan D.

“Kelas A pertama gosanke terdiri dari kohaku, sanke showa, kelas B shiro utsuri, kotoko, ochiba, kinginrin A, Kelas C kujaku, hikari moyomono, tancho, hawarimono, doitsu, kinginrin b, gosiki, sementara kelas D hikari mujiono, asahi, susui, bekko, hi-ki utsuri mono,” kata Erwan.

Erwan mengatakan, latar belakang digelarnya kontes Ikan Koi ini, setelah melihat banyaknya pecinta ikan hias yang sangat besar. Selain itu, Cianjur juga mempunyai potensi yang memadai yang memberikan manfaat bagi para pembudidaya Koi Cianjur dari nilai ekonomis.

“Karena kalau melakukan door to door kesulitan menjelaskan kepada petani bagaimana bentuk ikan yang bagus. Jadi kontes ini bisa dijadikan sebagai sarana menambah pengetahuan,” ujar Erwan.

Menurutnya, jika petani sudah bisa melihat celah cara beternak Ikan Koi, maka peluang akan terbuka lebar melihat harga Koi yang berkualitas di pasar sudah mencapai jutaan rupiah.

“Kami juga ingin menanamkan kepada petani Cianjur mindset jangan hanya beternak ikan konsumsi saja,” ungkap Erwan.

Sementara itu, salah satu panitia yang juga pembudidaya Ikan Koi asal Kecamatan Pacet, Hadi mengatakan, kontes tersebut merupakan kontes yang ke empat, dimana sebelumnya sempat fakum selama beberapa tahun ke belakang.

“Setelah beberapa tahun kebelakang kami pehobi Koi ini sempat fakum, namun karena kecintaan kami terhadap Ikan Koi ini kita sepakat untuk kembali mengadakan kontes Koi dengan tema The 4th Cianjur Koi,” kata Hadi.

Hadi mengatakan, saat ini peserta yang mengikuti kontes ini berasal dari Kota Blitar, Kediri, Tulungagung, Kudus, Sumedang, Ciamis, Garut, Bandung, Sukabumi, Tangerang, Bekasi, Bogor, Jakarta, Ciamis, Makassar, dan Bali. “Kontes The 4th ini tingakat nasional, dengan begitu mereka (peserta) yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia,” terang Hadi.

Menurutnya, pembudidaya Ikan Koi di Cianjur sudah sangat banyak. Pihaknya sebagai pembudidaya ikan yang merupakan asli Cianjur sangat berharap sekali ada sentuhan khusus dari pemerintah Kabupaten Cianjur. Karena menurutnya, di wilayah kabupaten/kota lain keberadaan pembudidaya ternak Ikan Koi sangat di perhatikan oleh pemerintah.

“Kalau berbicara di kota/kabupaten lain keberadaan pembudidaya Ikan Koi ini begitu diperhatikan, jadi kami minta ada sentuhan khusus dari pemerintah,” pungkasnya.(yis/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.