Peringati Hari Cuci Tangan, Dinkes Launching Pemberian Obat Cacing

0 44

CIANJUR, cianjurekspres.net – Dinas Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2018 dengan mensosialisasikan program pola hidup bersih dan sehat. Peringatan ini, dilaksanakan di lingkungan Sekolah Dasar (SD) Islam Kreatif Muhammadiyah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar mengatakan, pihaknya melaksanakan edukasi terhadap anak sekolah bertujuan agar mereka terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat. “Dari mulai usia dini, kita terapkan pola hidup yang bersih dan sehat,” kata Kadinkes Kabupaten Cianjur Tresna Gumilar, Rabu (24/10).

Tresna mengatakan, dengan memberitahu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak, diharapkan akan menjadi kebiasaan. Dengan begitu anak-anak tersebut bisa menerapkannya dimana saja dan bukan hanya di lingkungan sekolah saja.

“Hari ini anak-anak sekolah di SD IK kita berikan edukasi juga sosialisasi PHBS kepada anak, agar si anak tersebut mengetahui dan kita juga memberitahu bagaimana tata cara mencuci tangan yang baik dan benar,” terang Tresna.

Diungkapkan Tresna, disamping mengadakan hari cuci tangan sedunia, dalam kegiatan ini Dinkes Cianjur juga memberikan tablet obat cacing kepada anak untuk mencegah terjadinya stunting, serta memberikan media tersendiri bagi anak tentang dunia kesehatan yaitu adanya Dokcil (Dokter Kecil).

“Dengan adanya Dokcil ini diharapkan menjadi media maupun sarana komunikas terhadap sesama, sehingga para Dokcil ini mampu mensosialisasikan kembali terhadap sesamanya bagaimana pola hidup bersih dan sehat itu sendiri,” ungkap Tresna.

Selain itu, Tresna juga mengajak beberapa instansi terkait baik dari BUMN, Swasta ataupun juga lembaga dan Organisasi Kesehatan, untuk menjalin komitmen bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya di Kabupaten Cianjur.

“Jadi tadi kita juga menandatangani MOU, untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Cianjur. Kedepannya masyarakat yang membutuhkan bisa langsung dilayani klinik ataupun lembaga kesehatan yang terdekat,” pungkasnya.(yis/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.