CNC Koi Siap Gelar Kontes Nasional

Diikuti Ribuan Peserta Pecinta Ikan Hias

0 91

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Cianjur Nishikigoi Club (CNC) bakal menggelar Cianjur Koi Show 2018, Jumat (26/10) mendatang. Kontes tersebut rencananya akan diikuti oleh seribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Fajar Asfauri, salah seorang panitia sekaligus anggota CNC, mengatakan, kegiatan ini merupakan kali keempat CNC menggelar Koi Show. Dalam setiap pelaksanaan, antusiasme dari peserta sangat baik, bahkan peserta dari luar kota dan luar provinsi pun turut serta.

Rencanya, digelaran kali ini akan lebih meriah dan lebih banyak peserta, mulai dari Cianjur, Bandung, Jakarta, bahkan peserta dari luar daerah lainnya se-Indonesia. Even kali ini tentu akan lebih meriah dengan lebih banyak peserta dan tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi tim tuan rumah.

“Walaupun munculnya dari Cianjur, kontes ini skalanya mencakup secara nasional, mengingat pesertanya dari berbagai daerah se-Indonesia, dan ini bagus juga untuk peserta dari Cianjur dalam mengikuti kontes ini,” kata Fajar kepada Cianjur Ekspres, Senin (22/10).

Menurutnya, ada empat jenis kontes yakni kategori A untuk Kohaku Taisho Sanshoku Showa Sanshoku, kategori B untuk Shiro Usturi Koromo Ociba Kinginrin A Kujaku, kategori C untuk Hikarikouomono Tancho Kawearimono Doitsu Kinginrin B Goshiki, dan kategori D untuk Hikarimunjimono Asagi Shuhui Bekko Hi/Ki Utsurimono.

“Ukuran koinya sendiri mulai dari 10 sampai 70 centimeter. Dalam kontes ini akan diperlombakan dengan berbagai kriteria dan penilaian, mulai dari ukuran, proporsionalitas ikan, corak atau pattern, hingga kesehatan ikan,” ucap Fajar.

Ikan koi yang menjadi juara dalam kontes nanti, biasanya akan meningkatkan harga jual dan nilai prestisius dari ikan koi bagi pemiliknya. “Pemenang kontes biasanya harga jual akan melambung selain itu juga terkadang akan dicari untuk indukan,” jelas Fajar.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut digelar untuk menunjukan jika di Cianjur pun terdapat komunitas koi yang aktif dengan kegiatannya. Selain itu, Cianjur juga memiliki koi yang berkualitas dan tidak kalah saing. “Di samping itu, tentunya ini menjadi sarana silaturahmi bagi pecinta koi dari berbagai daerah,” pungkasnya.(bay/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.