Apdesi Cianjur Siapkan Rumah Singgah Keluarga Pasien

0 122

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur, menyiapkan rumah singgah bagi keluarga penunggu pasien yang menjalani rawat inap di RSUD Cianjur. Rumah singgah ini disiapkan, sebagai fasilitas peristirahatan bagi keluarga penunggu pasien rumah sakit yang kurang mampu yang berasal dari luar wilayah kota.

Ketua DPC Apdesi Kabupaten Cianjur, Beni Irawan mengatakan, gagasan ini berawal dari ketidaksengajaan dirinya saat mengunjungi RSUD Cianjur. Ia melihat orang tua yang lalu lalang karena menunggu pasien yang sedang dirawat dan tidur di sembarang tempat dengan tidak menggunakan alas.

Bagi masyarakat luar kota, salah satu kendala saat melakukan rawat jalan di rumah sakit adalah transportasi. Jarak yang jauh menyebabkan sebagian besar pasien, khususnya kalangan menengah ke bawah, merasa keberatan saat harus bolak-balik kembali ke rumah.

“Inisiatif Apdesi Kabupaten Cianjur menjawab permasalahan ini dengan sebuah solusi, dengan membuka rumah singgah penunggu pasien. Berawal dari iba, karena kalau kita lihat keluarga pasien itu suka tidur di lingkungan RSUD di sembarang tempat tanpa adanya fasilitas yang nyaman,” kata Beni

Beni mengatakan, dari enam ruang kamar itu bisa menampung lebih dari 8 orang. Dengan masing-masing kamar ada satu orang petugasnya yang memang ditunjuk langsung oleh desa untuk menjaga dan merawat ruangan tersebut. Dimana lokasi rumah singgah ini, juga tidak jauh dari lingkungan RSUD.

“Kita kasih nama rumah singgah pendamping orang sakit atau disingkat menjadi (RS POS),” terang Beni.

Menurutnya ide dan gagasan tersebut berdasarkan hasil rempugan bersama para kepala desa lainnya, karena biar bagaimanapun pemerintah desa juga sangat peduli rakyat. Maka pihaknya tak ingin melihat masyarakat yang benar-benar kesulitan dan ditambah dengan kondisi memprihatinkan harus menunggu dan tidur di lorong-lorong rumah sakit.

“Biar bagaimanapun kami tetap memikirkan nasib masyarakat, dengan begitu bagi masyarakat manapun khususnya yang tempat tinggalnya jauh dan harus dirawat di RSUD, maka kami persilahkan untuk datang ke RS POS kami,” pungkasnya.(yis/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.