Bawaslu Cianjur Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

0 108

CIANJUR, cianjurekspres.net – Bawaslu Kabupaten Cianjur menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka, untuk melakukan pengawasan partisipatif pemilu terhadap masyarakat dengan membentuk anggota kwarcab sebagai satuan kerja rintisan Saka Adhyasta Pemilu.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif melalui pembentukan rintisan Saka Adhyasta Pemilu ini, merupakan kegiatan tindak lanjut dari Bawaslu RI tentang pengawasan partisipatif terhadap masyarakat.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, Usep Zawari mengatakan, bahwa undang-undang juga mengamanatkan tugas Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

“Salah satunya bentuk sosialisasi saat ini Bawaslu melakukannya dengan Kwarcab Pramuka. Dan ini sudah dilakukan dari tingkat Bawaslu RI, Provinsi dan sekarang di tingkat Kabupaten pun sama,” kata Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Zawari, kepada Cianjur Ekspres, Kamis (18/10).

Usep mengatakan, kerjasama pengawasan partisipatif dengan Pramuka ini memang dilakukan dari tingkat pusat. Dengan begitu, Bawaslu kabupaten juga melakukan hal yang sama yakni bekerjasama dengan Pramuka dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu. “Ini adalah sebuah ruang ekspresi bagi masyarakat, dalam segala bentuk pengawasan pemilu,” kata
Usep.

Keterlibatan Saka Pramuka, lanjut Usep, diharapkan dapat mendorong Pemilu berintegritas. Sebab keikutsertaannya mengawal dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan.

“Mereka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga harapan kami Saka Adhyasta Pemilu yang dicanangkan dapat mengawal demokrasi yang berkualitas dan bermartabat,” ujar Usep.

Usep mengatakan, peserta yang hadir di acara sosialisasi pengawasan partisipatif bersama Pramuka ini, juga dihadiri langsung oleh Sekjen Bawaslu Provinsi, Ketua Harian Kwartir Cabang Cianjur, dan Panwas Kecamatan se- Kabupaten Cianjur.

“Sengaja kita undang Panwascam, karena secara tidak langsung kita menginginkan ada sinergitas antara Pramuka dan Panwascam. Dengan begitu Pramuka ini merupakan bagian penting untuk ikut melakukan pengawasan Pemilu,” ungkapnya.

Usep berharap, kedepan anggota Saka Adhyasta bisa memahami proses pencegahan pelanggaran dalam tahapan pemilu, dengan begitu apabila ada terjadi pelanggaran Pemilu diharapkan Pramuka bisa langsung melaporkan temuannya ke petugas pengawas pemilu yaitu panwas.

“Kita berharap saka-saka yang ada bisa bersinergi dengan panitia pengawasan, dan apabila ada temuan pelanggaran yang ditemukan oleh pramuka bisa langsung dilaporkan ke Panwas,” pungkasnya.(adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.