Dinkes Cianjur Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19, Ini Tahapannya

Cianjurekspres.net – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Selasa (12/1/2021). Selain tenaga kesehatan, simulasi tersebut juga diikuti warga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzi mengatakan, simulasi ini adalah bentuk kesiapan apabila nantinya Cianjur melaksanakan vaksinasi Covid-19.

“Sebetulnya bukan hanya untuk Puskesmas, (Simulasi) ini nanti juga untuk seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga: Apa Artinya Efikasi Vaksin Sinovac 65,3%?

Irvan menjelaskan, sebelum menerima vaksin setiap peserta terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan menjalani proses skrining. Tahapan selanjutnya menerim vaksin, lalu pencatatan pelaporan dan poin penting setiap peserta yang di vaksin tidak boleh langsung pulang. Harus menunggu dulu di area yang ditentukan.

“Yang diutamakan tahap pertama vaksinasi tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan. Karena mereka garda terdepan yang memang menjadi prioritas awal. Setelah itu baru pelayan publik seperti TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD yang memang langsung berhubungan dengan masyarakat. Baru setelah itu diikuti segmen masyarakat lain,” tandasnya.

Sementara itu, Muhammad Iyus Yusuf warga Desa Ciherang mengaku tidak kesulitan mengikuti simulasi vaksinasi Covid-19 karena diarahkan oleh petugas.

“Tahapan gak sulit, karena diarahkan petugas dari meja 1 ke meja lainnya. Kita tinggal menunjukkan SMS yang kita dapat, kemudian menunjukkan KTP dan membawa kartu,” pungkasnya.(job3/hyt)