Warga Cibarengkok Swadaya Renovasi Masjid

0 97

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Warga Kampung Cibarengkok, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, melakukan renovasi masjid secara swadaya dengan biaya mencapai Rp 200 juta.

Wakil ketua Dewan Kerja Masjid (DKM) Al-Huda, Cece Misbah menjelaskan, kegiatan renovasi masjid ini sudah dilakukan sejak awal September 2018 dengan dana awal Rp 10 juta, yang diperoleh dari hasil swadaya masyarakat.

Dalam perkembangannya, lanjut Cece, panitia mampu mengumpulkan dana sesesar Rp 200 juta yang semuanya berasal dari bantuan warga.

“Untuk saat ini pembanguan renovasi sudah mencapai 90 persen, dan insayaallah jika ditunjang dengan kondisi yang baik kegiatan renovasi ini bisa tuntas sesuai dengan perencanaan,” kata Cece kepada Cianjur Ekspres, Rabu (10/10).

Sesuai data, untuk luas bangunan Masjid Al-Huda ini mencapai 486 meter persegi dengan daya tampung sekitar 300 warga. “Pembangunan masjid sekarang ini melibatkan sekitar 200 tenaga kerja, karena sedang mengecor di bagian lantai atas,” ujar Cece.

Menurut Cece, khusus untuk warga dan remaja masjid yang ikut terlibat dalam pembangunan tanpa diberikan upah, karena mereka mau bekerja dengan sukarela.

“Warga bertekad dalam membangun masjid tanpa mengandalkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (pemkab) Cianjur, atau dari calon dewan sekali pun sebab ternyata dengan swadaya, pembangunan masjid bisa berjalan,” ujarnya.

Cece optimistis, kalau renovasi masjid itu akan tuntas dengan tidak harus berhutang. Menurut dia, jarak antara pemukiman warga dengan lokasi masjid lainnya cukup jauh hingga disetiap memasuki waktu sholat masjid ini selalu dipadati mustami.

“Warga atau mustami selalu memanfaatkan, sebab di sekitar sini tidak ada lagi masjid yang besar,” pungkasnya.
(zen/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.