Korban Gempa dan Tsunami Palu Asal Cianjur Dipulangkan

0 115

CIANJUR, cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memulangkan satu keluarga asal Cianjur yang menjadi korban tsunami dan gempa di Palu, Senin (8/10). Rencananya akan ada pendataan lebih lanjut untuk warga Cianjur di sana.

Satu keluarga yang terdiri lima orang dewasa dan satu orang anak itu, tiba di Cianjur menjelang malam setelah pihak keluarga bersama tim BPBD Kabupaten Cianjur, menjemput mereka di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Kepala BPBD Cianjur, Dodi Permadi, mengatakan satu keluarga asli Cianjur itu, pulang dalam keadaan selamat dan tidak terluka sedikitpun meskipun rumah mereka hancur.
Dia menjelaskan, satu keluarga tersebut sudah lama menetap di Kota Palu karena kepala rumah tangga bekerja sebagai PNS di pemkot. Sebelum dipulangkan mereka sempat mendirikan posko untuk warga asal Jabar.

“Mereka dipulangkan karena keluarga di Cianjur khawatir, mendapat informasi kalau Palu masih sering di guncang gempa, sehingga satu keluarga asli Cianjut itu dipulangkan,” katanya.

Hingga saat ini, tambah dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemkot Palu untuk mengetahui berapa jumlah warga asal Cianjur yang masih bertahan di sana yang rencananya akan dipulangkan.

“Pemkab juga akan memberikan bantuan lainnya ke Palu dan Donggala untuk meringankan beban korban bencana di sana. Di samping kami juga mengirimkan relawan,” ucapnya.

Novinaty Rachmi perwakilan keluarga, meskipun pihak keluarga di Cianjur sudah meminta mereka segera pulang ke kampung halaman, namun renbcana tersebut tertunda karena mereka membuka posko untuk warga asal Jabar.

“Masih banyak warga Jabar di Palu yang belum bisa pulang ke kampung halamannya masing-masing. Bahkan banyak yang kehilangan anggota keluarganya, sehingga kami memilih mendirikan posko,” katanya.

Namun permintaan keluarga di Cianjur, agar mereka segera pulang akhirnya dikabulkan sambil menunggu proses rehabilitasi.”Kami akan tinggal di rumah ibu di Kelurahan Bojongherang, nanti kalau sudah normal kami akan kembali ke Palu,” katanya.(bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.