Usulan Tol Soroja Diperpanjang sampai Cianjur Selatan Direspon Pjs Bupati Cianjur dan Penggiat Pemekaran

Musrenbang Perubahan RPJMD Jawa Barat 2018–2023

Cianjurekspres.net – Usulan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) agar diperpanjang sampai ke Ciwidey Kabupaten Bandung dan Naringgul serta Cidaun Kabupaten Cianjur muncul dalam pembahasan Pra Musrenbang Perubahan RPJMD 2018–2023 yang digelar secara virtual dari kantor Bappeda Jabar, Kota Bandung, Jumat (27/11) lalu.

Pra Musrenbang diikuti bappeda/ bapelitbang kabupaten/kota serta perwakilan dari Kementerian Keuangan, Bappenas RI, serta akademisi.

Dilansir dari humas.jabarprov.go.id, usulan Tol Soroja diperpanjang hingga Naringgul dan Cidaun diutarakan Kepala Bappeda Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana.

“Ini bisa jadi cikal bakal pengembangan PKN Pangandaran dan Sukabumi,” ujar Cakra.

Tidak hanya itu, Cakra juga mengusulkan Metropolitan Rebana menjadi tempat penampungan industri manufaktur dan tekstil Bandung Metropolitan yang menurutnya saat ini sudah kelebihan kapasitas. Sementara Bandung Raya diarahkan ke agroforestri dan pariwisata.

“Sehingga ada keseimbangan daya dukung di selatan dan utara Jabar,” katanya.

Baca Juga: Perubahan RPJMD Ikuti Kebijakan Nasional

Menanggapi usulan Tol Soroja diperpanjang hingga Naringgul dan Cidaun, Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudradjat Abdurachim menegaskan, sepanjang untuk mencapai percepatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Cianjur khususnya Cianjur Selatan tentu harus segera di respon dengan baik.

“Bappeda Kabupaten Cianjur akan segera ditugaskan untuk segera merespon dengan membuat kajian yang menyeluruh dari berbagai aspek secara cepat,” ujar Dudi, Minggu (29/11/2020).

Terpisah, Penggiat Pemekaran Cianjur Selatan, Ceng Badri mengatakan Jabar Selatan khususnya Cianjur Selatan kedepannya mampu menjadi sebuah wilayah yang memiliki kemajuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Kami sadari sekali Jabar Selatan khususnya untuk Cianjur Selatan masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Jabar Tengah dan Utara,” katanya, Minggu (29/11/2020).

Dirinya berharap, pembahasan Pra Musrenbang Perubahan RPJMD 2018–2023 yang sedang dilakukan Pemprov Jabar ada sebuah kebijakan dalam rangka perubahan RPJMD untuk memperhatikan lagi pembangunan Jabar Selatan khususnya Cianjur Selatan.

“Kami mendorong Pemprov dan Pemkab terkait adanya usulan diperpanjangnya Tol Soroja bisa tembus juga melalui Ciwidey menuju Sindangbarang,” ujar Ceng Badri.

Ceng Badri mengungkapkan ada jalur alternatif yang lebih strategis yakni Ciwidey-Gunung Sumbul-Cikadu-Sindangbarang.

“Ini akan mempercepat pembangunan Jabar Selatan dalam mendukung penguatan kawasan strategis nasional di Pangandaran dan Sukabumi,” pungkasnya.(rls/hyt)