Pemdes Sukamanah Genjot Pembangun Infrastruktur

0 128

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Peningkatkan pembangunan di wilayah pedesaan saat ini masih menjadi prioritas. Bergulirnya anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, dimanfaatkan Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Cibeber membenahi berbagai fasilitas umum, seperti perbaikan jalan lingkungan dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Dibawah Kepemimpinan Dede Devina, program Pemerintah Desa Sukamanah hingga kini terus berjalan dengan baik. Pasalnya, bantuan anggaran dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, digunakan untuk pembangunan infrastuktur dan kebutuhan desa lainnya, yang telah terealisasi dengan baik.

Pembangunan infrastruktur di Desa Sukamanah menjadi prioritas pemerintah desa saat ini, sebab pembangun tersebut sangat dinantikan masyarakat. Selain itu, pembangunan ini juga akan membantu aktivitas serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Anggaran dana desa tersebut sudah dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur yang merupakan akses pendistribusian dan pengangkutan hasil bumi yang berfungsi untuk mempermudah akses jalan ekonomi warga,” kata Dede Devina, Kepala Desa Sukamanah, kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini

Sementara itu, Kaur Perencanaan Desa Sukamanah, Iwan Setiawan, mengatakan, dengan berjalannya pemerintahan desa yang sekarang, pembangunan infrastruktur memang telah direalisasikan secara maksimal. Bahkan, untuk penanganan warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan prima, kepala desa sendiri turut serta untuk memfasilitasi.

“Sesuai dengan visi ibu kades, yakni membangun Desa Sukamanah menjadi desa yang berakhlakul karimah, masyrakat toyyibah, terwujud ukhuah Islamiah, silih asah, silih asih,silih asuh,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, pembangunan infrastruktur seperti jalan lingkungan, TPT, ambulans desa telah terealisasikan dengan baik. Selain itu, untuk bidang keagamaan pemerintah desa secara rutin selalu menggelar pengajian serta tabligh akbar.

“Ibu kades juga selalu hadir dan mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan warga dipelosok kampung, dengan selalu memberikan motifasi disetiap kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, kepala Desa Sukamanah selalu responsif mencari peluang dan bantuan-bantuan dari dinas untuk masyarakatnya, seperti mengupayakan bantuan air bersih, ketika masyarakat mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

“Untuk Mesjid pun kami mendapatkan bantuan dari kantor pajak, karena kami selalu tepat waktu bayar pajak. Harapan kami Desa Sukamanah menjadi lebih baik dari sisi pelayanan, administrasi, lebih sinergis dalam menjalankan roda pemerintahan agar terwujud desa yang mandiri,” pungkasnya. (job3/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.