Sat Pol PP Sukanagara Gelar Bimtek

Peningkatan Kapasitas Aparat Linmas

0 86

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kecamatan Sukanagara, menggelar bimbingan teknik (bimtek) tentang peningkatan kapasitas aparat Linmas (Perlindungan Masyarakat). Kegiatan yang diikuti 70 orang anggota Linmas ini, digelar di aula kantor kecamatan, Selasa (2/10).

Kasi Trantib Kecamatan Sukanagara, Asep Abdul Hanan mengatakan, bahwa pembinaan dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kapasitas anggota Linmas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya ditengah masyarakat.

“Yang pasti, peran dan fungsi Linmas ditengah masyarakat sangat berarti. Untuk itu, perlu terus diberikan wawasan pengetahuan agar lebih dapat diterima keberadaanya dimasyarakat,” katanya kepada Cianjur Ekspres saat ditemui di lokasi kegiatan.

Dikatakan Asep Abdul Hanan, kalau pelaksanaan bimtek dimaksudkan juga untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta mewujudkan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Bimtek ini dilaksanakan guna meningkatan kapasitas aparat Linmas, sesuai realisasi fungsi yang dikaitkan dengan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, sehingga terjadi peningkatan sikap profesional, akuntabilitas dan kapabilitas, yang menjadi performa setiap anggota Linmas di masyarakat,” ujar Asep.

Ditambahkan Asep, tujuan bimtek ini guna membentuk pemerintahan yang cerdas, tertib dan damai, sekaligus mengevaluasi percepatan kebijakan pemerintah dalam penguatan kapasitas anggota Linmas di desa, sekaligus memiliki persepsi dan pemahaman yang sama baik pemerintah kabupaten dan pendayagunaan aparat Linmas.

“Fungsi Linmas untuk memperbaiki kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa. Selain itu juga harus turut serta membantu pemerintah kabupaten, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.