Arsitek Jabar Diminta Proaktif dalam Ide Pembangunan

Cianjurekspres.net – Arsitek di Jawa Barat dinilai perlu memiliki kontribusi untuk pembangunan wilayah di Jawa Barat, hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menurut mantan walikota Bandung tersebut, arsitek harus memiliki peran aktif dalam memberikan ide dan gagasan secara ilmiah kepada pemerintah. Ide atau gagasan yang diberikan, bisa membantu pemerintah dalam membangun Jawa Barat lewat berbagai proyek strategis. Asalkan, usulan yang disampaikan logis dan memberikan solusi nyata.

“Pendidikan arsitektur membekali saya satu hal, (yakni) dengan pendidikan arsitektur kita bisa memberikan solusi jika ada sebuah problem statement dengan hasil kerja yang paling realistis,” kata Emil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2020).

Emil pun memaparkan, proses kerja dalam lingkup pemerintahan yang terbagi menjadi dua bagian yaitu top-down dan bottom-up. Untuk proses kerja top down, ia berujar bahwa sebuah proyek lahir sesuai karakter pemimpin.

“Apabila pemimpinnya berpikir secara sosial ekonomi, (maka) seperti apa yang sedang saya kerjakan, yaitu merevitalisasi alun-alun di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat,” ujar Emil.

Terkait proses kerja bottom-up, ia mengatakan dalam proses inilah para arsitek bisa ikut terlibat dalam sebuah proses pengerjaan proyek pembangunan dengan duduk bersama memikirkan ide dan gagasan.

“Karena sebenernya mengenai dunia arsitektur, tidak semua pemerintah itu tahu apa yang harus dikerjakan. Di sinilah peran para arsitek dinantikan untuk memberikan ide-ide dan gagasan yang segar untuk diadopsi oleh pemerintah,” tutupnya.(rls/**)