Bantu Petani, Herman akan Dirikan BUMD Pertanian

Pilkada Cianjur

Cianjurekspres.net – Calon Bupati Cianjur Nomor Urut 3, Herman Suherman menegaskan akan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pertanian.

“Saat masa panen, biasanya hasil melimpah dan harga turun. Kami ingin membelinya dari petani dengan harga pasaran yang tidak merugikan petani, saat harga naik stok bisa dilepas ke pasar. Jadi daerah dapat untung, petani untung, masyarakat juga tidak mendapat harga yang mahal,” papar Herman saat bersilaturahmi dengan Kelompok Tani di Kampung Jamali, Desa Jamali, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: Bertemu Herman Suherman, Mantan Guru SD Ini Menangis Haru

Melalui BUMD tersebut Herman berharap dapat membantu kesulitan para petani, sekaligus ada keuntungan yang bisa diperoleh untuk keuangan daerah. Ia mengatakan, hal tersebut sudah mulai direncanakan dan dirintis sebelum cuti.

Lebih lanjut Herman mengatakan, pertanian memang menjadi salah satu bidang yang menjadi program utama pasangan Herman-Mulyana. ” Salah satu program unggulan kami adalah peningkatan produktifitas 1000 hektar lahan pertanian,” ujarnya.

Herman juga bercerita kalau Cianjur saat ini telah memiliki dua Gudang SRG (Sistem Resi Gudang) di Warungkondang dan Haurwangi. Saat ini keduanya masih digunakan untuk beras.

Kedepan Herman juga ingin membuka gudang-gudang serupa untuk menampung hasil pertanian lain seperti palawija.

Mengenai kesulitan modal yang juga kerap dikeluhkan petani, Herman berencana untuk memberi pinjaman modal usaha pertanian tanpa bunga untuk petani.

“Agar tidak kena riba nanti bisa saja menggunakan patokan harga emas, atau metode lain yang tidak memberatkan petani,” pungkasnya.(rls/hyt)