Setiawan: Kebutuhan Pangan Masih Tinggi

Cianjurekspres.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja menyebut, ada sejumlah faktor yang membuat pertanian mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

“Aktivitas pertanian masih dapat berjalan dengan baik meski protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Kemudian, kebutuhan masyarakat akan pangan masih tinggi,” ujar Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10/2020).

Melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar, kata Setiawan, pihaknya intens mendorong semua pihak untuk memajukan sektor pertanian di Jabar, khususnya tanaman umbi-umbian porang.

“Melakukan bisnis pertanian saat ini amat sangat tepat,” ucapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar, Dadan Hidayat mengatakan, pihaknya akan mendorong budi daya porang di Jabar. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kita juga sedang merencanakan, Jabar harus bisa produksi benih porang,” kata Dadan.

“Tidak hanya untuk kecukupan Jabar, tapi juga untuk kebutuhan nasional dan internasional,” lanjutnya.

Menurut Dadan, porang merupakan tanaman yang cocok ditanam pada musim hujan. Ia menyatakan, kolaborasi semua pihak merupakan kunci untuk membudidayakan porang.

“Kolaborasi lahan dari kehutanan, Porang dari dinas pertanian. Kita hadir bersama dari satu keinginan, yakni meningkatkan peluang usaha ekspor porang dari Jawa Barat,” pungkasnya.(rls/**)