InJabar Prediksi Ekonomi Pulih di 2025

 

Cianjurekspres.net – Kajian Institut Pembangunan Jawa Barat (InJabar) Universitas Padjadjaran (Unpad) menyebutkan, ekonomi Jawa Barat akan kembali normal alias sepenuhnya pulih dari dampak pandemi global Covid-19 pada 2025.

Menurut Direktur Utama InJabar Unpad, Keri Lestari Dandan, pihaknya memiliki sejumlah program pengendalian pandemi sekaligus aktivasi ekonomi.

“Salah satu strateginya adalah menggunakan sebanyak mungkin produk ekonomi Jawa Barat yang punya potensi pemulihan kesehatan, misalnya menggunakan alat kesehatan yang dikembangkan di Jabar sehingga penanganan kesehatan terjadi, ekonomi pun berjalan,” kata Keri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/10/2020).

Ia menambahkan, pariwisata juga bisa dimaksimalkan untuk mendorong ekonomi. InJabar pun telah membuat pelevelan berwisata di Jawa Barat yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat dengan tetap memperhatikan penanganan pandemi.

“Jadi intinya harus ada keseimbangan tidak hanya pemulihan ekonomi saja tapi kesehatan diabaikan, tapi harus berjalan bersama oleh karena itu kami mempunyai kajian untuk pemulihan ekonomi dan mitigasi risiko kesehatan,” ucap Keri.

Terkait tiga tahapan penyelamatan ekonomi mulai 2020 hingga penormalan ekonomi di 2025, Keri menegaskan, pihaknya memaparkan strategi kepada gubernur Jawa Barat.

“Tiga tahapan ini kita sudah sampaikan strateginya apa saja,” tutupnya.(rls/**)