Perumdam Tirta Mukti Cianjur Gratiskan Ribuan Sambungan Air

Cianjurekspres.net – Guna meningkatkan pelanggan, Perumdam Tirta Mukti Cianjur memberikan layanan sambungan air gratis bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Sambungan gratis tersebut akan diberikan kepada sekitar 2.340 calon pelanggan.

Direktur Teknis Perumdam Tirtamukti Cianjur, Syamsul Hadi mengatakan, dari 2.500 calon pelanggan yang diusulkan, berdasarkan hasil verifikasi konsultan hanya 2.340 yang memenuhi syarat.

“Jadi pemasangan sambungan air gratis sudah berjalan beberapa tahun yang lalu, cuma ketika saya mengisi posisi di Dirtek ini ke dua kalinya pemasangan gratis. Cuma kita mengusulkan ke pusat untuk masuk ke MBR, tujuannya untuk membantu masyarakat berkemampuan rendah,” kata Syamsul Hadi, kemarin (16/9).

Baca Juga: Debit Sumber Air Menurun, Perumdam Tirta Mukti Cianjur:  Pasokan Masih Terjaga

Ia menuturkan, memang di beberapa PDAM yang ada di daerah lain seperti di Sukabumi, merekka tahun ini mendapat 8.000 sambungan. Untuk Cianjur digratiskan, dengan tujuan membantu akses air ke masyarakat agar terjangkau memanuhi kebutuhkan air bersih.

“Tahun ini kami mendaftarkan dari 2.500 yang diusullkan berdasarkan hasil verifikasi konsultasn itu hanya 2.340, ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. Karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk masuk ke kategori masyarakat berkemampuan rendah dan berhak mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Jadi finalnya, kata Syamsul, bukan di Perumdam, karena Perumdam hanya mengusulkan dari cabang-cabang yang ditampung, kemudian diusulkan, konsultan turun dan ternyata hasil verifikasi dari konsultan tidak lolos semua, ada beberapa yang tidak memnuhi syarat.

“Karena ada beberapa yang syaratnya itu salah satunya listriknya itu kalau tidak 450 hanya 900. Terus dilihat juga kondisi rumah seperti apa, ada wawancara dari konsultan, pendapatan kepala rumah tangganya berapa. Nah itu beberapa indikator yang ditentukan oleh konsultan untuk masuk ke dalam kategoti masyarakat beerkemampuan rendah,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini untuk pelaksanaan pemasangannya sedang dilaksanakan.

“Saat ini sedang runing di Bojongpicung, Haurwangi, Sukaluyu karena titik berat kita ada di sana,” tambahnya. (job3/sri)