Potensi Pariwisata Cianjur Besar, Begini Harapan BPPD ke Calon Kepala Daerah

Cianjurekspres.net – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Cianjur berharap, siapapun calon kepala daerah yang terpilih di Pilkada 2020 bisa membuat Cianjur menjadi daerah tujuan wisata prioritas di Jawa Barat dengan besarnya potensi alam, budaya, pantai dan laut.

“Harapan kita kepada para calon kepala daerah, bagaimanapun juga, sektor pariwisata adalah sektor yang akan menjadi trigger atau pendorong sektor ekonomi lainnya. Seperti sektor UMKM dan lain-lain,” tandas Ketua BPPD Kabupaten Cianjur, Hadi Sutrisno kepada cianjurekspres.net, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Kompepar Harap BPPD Naikkan Kunjungan Wisatawan ke Cipanas

“Saat ini, mohon maaf, Pemda Cianjur kurang begitu serius mengelola kepariwisataan Cianjur ini,” imbuhnya.

Sebagai bukti, ungkap Hadi, dari tiga aspek pengembangan kepariwisataan menjadi daerah tujuan wisata, yaitu Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi. Menurutnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur belum maksimal hal ini.

“Disisi lain, positioning kepariwisataan Cianjur ada dimana dan visinya seperti apa masih belum jelas,” tukas Hadi.

Upaya yang dilakukan BPPD Cianjur, jelas Hadi, sampai saat ini adalah memberikan pelatihan gratis kepada warga sekitar dan komunitas pengelola di dalam mengembangkan beberapa potensi daerah menjadi tujuan wisata.

Seperti dengan komunitas Situs Gunung Padang, Pengelola Kampung Pandanwangi dan lain-lain. Termasuk mempromosikan program Hayuk Ameng Ka Cianjur melalui beberapa media sosial dan komunitas pariwisata nasional.

“Sekali lagi, walaupun tanpa anggaran, kita tetap bekerja dan tetap mempromosikan Cianjur. Visi kita adalah menjadikan Cianjur sebagai daerah tujuan wisata prioritas di Jawa Barat dan sebagai pusatnya budaya Sunda,” pungkasnya.(hyt)