Lomba Tutur Mampu Meningkatkan Kemampuan Dongeng

 

Cianjurekspres.net – Lomba bertutur skala SD/MI se-Jawa Barat oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jawa Barat ditujukan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mendongeng.

Kadispusipda, Ahmad Hadadi menyebut, adanya lomba bertutur literasi untuk anak-anak Indonesia, khususnya di Jabar semakin bertumbuh.

“Supaya anak-anak Jabar memiliki kemampuan menyampaikan narasi, ide-ide, dengan bercerita. Dan anak-anak memiliki kemampuan menggali ilmu pengetahuan dan menyampaikannya secara atraktif kepada teman-temannya,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/9/2020).

Lomba bertutur, menurut Hadadi, merupakan salah satu upaya Dispusipda Jabar untuk membangkitkan budaya mendongeng kepada anak-anak. Dengan berdongeng, anak-anak dapat menangkap pesan moral melalui cerita-cerita yang baik.

Seperti cerita sejarah asal mula Cianjur yang memiliki pesan moral: tidak boleh kikir dan harus tolong-menolong.

“Kami bangkitkan kembali kebiasaan mendongeng, story telling dengan cerita-cerita yang baik sehingga interaksi antara orang tua dengan anak juga bisa terbangun. Kemudian ada proses pewarisan budaya yang baik sehingga budaya literasi ini bisa menjadi karakter masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

“Mungkin anak-anak generasi sekarang sudah banyak yang tidak merasakan bagaimana nikmatnya diberikan cerita oleh orang tuanya, berdongeng, dan mungkin hal ini suatu saat bisa hilang,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Hadadi berharap dengan adanya lomba bertutur, anak-anak terangsang untuk mendongeng. Selain itu, ia meminta orang tua di Jabar untuk secara rutin mendongengkan kisah-kisah sejarah Jabar kepada anak-anak.

“Kami berharap agar anak-anak kita punya kemampuan untuk menggali cerita-cerita budaya lokal Jawa Barat. Anak-anak terbiasa untuk melakukan pendalaman-pendalaman kemudian menceritakan kepada teman-temannya dan juga agar mendongeng ini harus menjadi budaya di masyarakat Jawa Barat,” katanya.

“Termasuk untuk orang tua agar terbiasa menceritakan, mendongeng sebelum anak-anak tidur,” tutupnya.(rls/**)