Jelang HUT RI ke 75, Penjual Bendera dan Umbul-umbul di Cianjur Mulai Marak

Cianjurekspres.net – Memasuki bulan Agustus jelang HUT RI ke 75, penjual bendera dan umbul-umbul marak diseputaran kota Cianjur. Namun, di masa pandemi ini pendapatan penjual berkurang tidak seperti tahun sebelumnya.

Dudun (41), penjual bendera dan aksesoris hari kemerdekaan yang mangkal di Jalan KH Abdullah Bin Nuh ini setiap tahunnya selalu berjualan. Ada banyak aksesoris yang ia tawarkan kepada masyarakat, dari mulai yang paling murah, sampai yang paling mahal.

“Musiman, setiap bulan Agustus. Saya baru seminggu sih ini jualan tahun ini, tapi setiap tahun berjualan,” kata Dudun, Rabu (5/8).

Dudun menjual berbagai aksesoris kemerdekaan, mulai dari bendera kecil yang dapat dipasang di motor dan mobil. Sampai bendera yang panjang yang kerap dipasang di ruko-ruko atau rumah.

Baca Juga: Susah Sinyal, Guru dan Siswa di Naringgul Cianjur Belajar Pakai HT

“Jenis ada yang buat motor, buat mobil, umbul-umbul bendera. Kalau buat motor Rp5 ribu kalau buat mobil Rp10 ribu, kalau umbul-umbul Rp20 ribu. Kalau yang panjang itu tergantung bahan ada yang Rp200 ribu ada yang Rp150 ribu,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini penghasilan yang didapatnya sangat berkurang. Berbeda halnya dengan penghasilan yang kerap didapatnya di tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, terkadang ia tidak mendapat penghasilan sama sekali.

“Kalau sekarang tidak tentu karena adanya pandemi kan jadinya gini. Kalau dulu alhamdulillah, bisa dapat Rp100 ribu, Rp200 ribu, kalau sekarang Rp50 ribu Rp10 ribu, kadang gak dapat penghasilan sama sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli bendera asal Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Ridho (18) mengatakan, saat ini tidak banyak bendera yang ia beli. Terlebih karena perayaan hari kemerdekaan RI tidak akan semeriah tahun sebelumnya.

“Belinya cuma secukupnya, buat kebutuhan acara,” katanya.(job3/sri)