Sudah Dua Kali, PT Pos Indonesia Bersiap Salurkan Bansos Tahap Tiga Pemprov Jabar

Cianjurekspres.net – Kepala Regional V Jawa Barat-Banten PT Pos Indonesia, Helly Siti Halimah, menegaskan pihaknya sudah menyalurkan bantuan sosial dari Pemprov Jabar sebanyak dua tahap. Pihaknya pun sekarang sedang mempersiapkan penyaluran bansos tahap ketiga yang rencananya dilaksanakan pertengahan Agustus.

” Sudah diselesaikan tahap kesatu dan kedua. Kami sedang bersiap untuk pendistribusian tahap ketiga, terutama dari pendataan jumlah penerima,” kata Helly kepada wartawan di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Cianjur, Selasa (4/8/2020).

Helly mengungkapkan, jumlah peneriman bansos Pemprov Jabar tahap pertama sekitar 1,8 juta keluarga penerima manfaat. Setelah diklasifikasikan kembali yang berhak menerima bansos sekitar 1,2 juta KPM.

Baca Juga: Daftar Online, Dokumen Kependudukan Warga Cianjur Dikirim via Kantor Pos

“Karena ada bansos-bansos lain, yang 9 pintu itu, khusus yang bansos dari pemprov itu kita mendistribusikan sebanyak 1,2 juta sekian keluarga penerima manfaat,” katanya.

Helly mengaku penyaluran tahap pertama bansos Pemprov Jabar terdapat kendala yang berujung pengembalikan paket bansos ke Pemprov Jabar. Adapun paket bansos tahap pertama yang dikembalikan cukup banyak, jumlahnya di atas 10 persen.

“Pengembalian paket bansos itu rata-rata karena data alamat penerima tidak jelas. Data yang diterima PT Pos Indonesia dari Pemprov Jabar kemudian diverifikasi lagi Dinas Sosial untuk meminimalkan jumlah penerima ganda,” katanya.

Khusus penyaluran paket bansos tahap kedua, Helly menegaskan sudah lebih baik. Bahkan pengembalian paket bansosnya hanya sekitar 9000 an dari jumlah 1,3 juta paket.(Herry Febriyanto)