Gedung Sate Ditutup, 40 Karyawan Dinyatakan Positif

Cianjurekspres.net – Mulai besok (31/7/2020) seluruh fasilitas di Gedung Sate ditutup. Hal tersebut dikarenakan adanya 40 karyawan dinyatakan positif Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menyebut, hasil temuan 40 kasus positif didapat dari tes yang digelar Gugus Tugas Jabar di Gedung Sate pada Senin (27/7/2020) terhadap PNS, non-PNS, dan para karyawan lain mulai dari petugas kebersihan hingga keamanan.

“Pemerintah Provinsi Jabar akan menyesuaikan sistem kerja di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar yang berdinas di Gedung Sate,” ujar Setiawan dalam konferensi pers di Halaman Belakang Gedung Sate, Kamis (30/7/2020).

Adapun berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Jabar Nomor: 800/117/UM tentang Penyesuaian Sistem Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, penyesuaian sistem kerja yang dimaksud yakni seluruh PNS dan non-PNS bekerja dari rumah alias work from home (WFH) mulai Kamis, 30 Juli 2020, hingga Jumat, 14 Agustus 2020.

Saat ditanya mengenai potensi menjadi klaster perkantoran, Setiawan mengatakan bahwa pihaknya tidak mau terlalu dini memastikan kasus positif di Gedung Sate sebagai klaster perkantoran di Jabar.

Berdasarkan sebaran tempat tinggal, Setiawan berujar bahwa mayoritas dari 40 kasus positif ini tinggal di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung serta beberapa lainnya di Kota Cimahi dan daerah lain.

Sementara dari rentang usia, sebanyak 40 persen dari 40 kasus positif di Gedung Sate ini berusia 31-40 tahun. Sebanyak 30 persen berada di rentang usia 20-30 tahun, serta sisanya menyebar di atas usia 50 tahun dan ada juga yang berusia 19 tahun.(rls/**)