Pilkada Cianjur: HaDe Lanjut, DA’I TMS

Cianjurekspres.net – Muhammad Toha-Ade Sobari (HaDe), menjadi satu-satunya bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Cianjur jalur perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan perbaikan ke KPU Kabupaten Cianjur hingga batas akhir yang ditentukan yakni Senin (27/7/2020).

Sementara Bapaslon Dadan Supardan-Irvan Helmi Khadafi (DA’I) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan secara otomatis gugur karena hingga batas akhir tidak menyerahkan dokumen dukungan perbaikan.

“Sampai hari terakhir 27 Juli 2020 pukul 24.00 WIB yang menyerahkan dokumen dukungan perbaikan hanya satu bapaslon, Muhammad Toha dan Ade Sobari dan kami terima karena sudah sesuai minimal syarat jumlah perbaikan dan sebaran di angka 100.034 dukungan setelah di cek ulang formulir B.1-KWK-nya,” ujar Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Cianjur, Ridwan Abdullah kepada Cianjurekspres.net di ruang kerjanya, Selasa (28/7/2020).

“Bapaslon Dadan Supardan-Irvan Helmi Khadafi berdasarkan batas akhir 27 Juli 2020 pukul 24.00 WIB yang bersangkutan tidak menyerahkan dokumen dukungan perbaikan sesuai dengan ketentuan, sehingga yang bersangkutan bapaslon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, gugur,” imbuhnya.

Baca Juga: Pilkada Cianjur, Bapaslon Perseorangan Belum Penuhi Syarat Minimal Dukungan

Setelah menerima dokumen dukungan perbaikan, jelas Ridwan, KPU dari 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2020 melakukan proses verifikasi administrasi dan cek kegandaan.

“Setelah itu selesai, tahapan berikutnya verifikasi faktual di lapangan di masing-masing desa atau kelurahan dari 8-14 Agustus 2020,” katanya.

Ridwan mengungkapkan, setelah dilakukan verifikasi administrasi dan rekapitulasi dukungan perbaikan tingkat kecamatan baru di tingkat kabupaten pada 20-21 Agustus 2020 dilakukan rapat pleno untuk menentukan apakah bapaslon perseorangan telah memenuhi syarat minimal jumlah dukungan di angka 108.354.

“Kalau seandainya minimal dukungan dan sebaran memenuhi syarat, bisa melakukan pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020,” tandasnya.

Sementara itu Liaison Officer (LO) Bapaslon Mohammad Toha-Ade Sobari (HaDe), Beny Rustandi mengatakan pihaknya menyerahkan dokumen perbaikan sebanyak 100.088 dukungan. Sebelumnya, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan hasil verifikasi faktual bapaslon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020. Jumlah dukungan yang memenuhi syarat bagi pasangan Muhammad Toha-Ade Sobari (HaDe) sebanyak 64.716 dukungan.

“Harapan kami, proses partisipasi kami berjalan dengan baik dan sama-sama menghormati mekanisme yang sudah tertuang dalam PKPU, agar pesta rakyat lima tahunan ini menjadi demokrasi yang sehat, dengan harapan Bapaslon HaDe bisa lolos,” tandasnya.(Herry Febriyanto)