Kebangkitan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Cianjurekspres.net – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, menegaskan kebangkitan Indonesia dalam dunia pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 ditandai dengan kemampuan pelaku pendidikan dalam beradaptasi dengan teknologi.

“Ke depan, sistem pembelajaran berbasis teknologi secara daring ini tetap akan digunakan. Bukan sebagai pengganti, tapi sebagai pelengkap. Karena itu, para pelaku pendidikan harus beradaptasi dengan pembelajaran sistem daring ini,” kata Nadiem dalam Webinar Nasional Indonesia Bangkit dengan tema “Pendidikan dalam New Normal” yang diselenggarakan oleh Universitas Advent Indonesia (UNAI), Selasa (21/7) malam.

Baca Juga: Nadiem: Keputusan Membuka Kembali Sekolah Ada di Gugus Tugas, Bukan Kemendikbud Sendiri

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini ibarat ledakan yang melemparkan kita semua kepada dunia baru. Tapi ledakan yang dapat menjadi momentum untuk melakukan lompatan. Seperti roket yang melemparkan kita ke angkasa. “Lompatan ini akan menciptakan inovasi dan kebangkitan bagi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Untuk menyikapi ledakan pandemi Covid-19, Nadiem berpesan, bagi yang berada di zona merah dan kuning untuk tetap menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Bagi yang berada di zona hijau, silahkan memulai untuk belajar di sekolah, tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.(fin/hyt)