14 Ribu Siswa di Cianjur Melanjutkan ke SMA dan SMK

Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Cianjurekspres.net – Cabang Dinas Wilayah VI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mencatat 14.320 siswa di Kabupaten Cianjur, melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA dan SMK. Sebanyak 5.362 siswa ke SMA dan 8.958 siswa ke SMK untuk tahun ajaran baru 2020/2021.

Kepala Cabang Dinas Wilayah VI, H Ester Miory Diwayani mengatakan, tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada 13 Juli 2020. Sebagaimana biasa, awal tahun ajaran ditandai dengan kegiatan MPLS bagi siswa.

“Tahun ini jumlah yang melanjutkan mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 lalu siswa yang mendaftar ke SMA mencapai 4.459 siswa dan yang melanjutkan ke SMK mencapai 7.260 siswa. Sedangkan tahun ini yang ke 5.362 siswa dan ke SMK 8.958 siswa,” kata Ester.

Baca Juga: Kelulusan SMA/SMK/SLB di Cianjur Capai 99 Persen

Menurutnya, mengingat pandemi korona yang masih mengancam kehidupan bangsa, pembelajaran tatap muka di sekolah belum ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karenanya, pelaksanaan MPLS boleh dilaksanakan secara daring.

Namun, lanjut dia, materi yang diperkenalkan kepada siswa baru adalah materi teoritis. Sedangkan materi yang membutuhkan pengalaman di sekolah akan disampaikan ketika pandemi korona telah berlalu dan sekolah sudah diizinkan berjalan sebagaimana biasanya.

“Untuk itu, pertama-tama sekolah harus memilah-milah, materi mana yang disampaikan secara teori dan materi mana yang disampaikan secara langsung di lapangan. Materi-materi teoritis itulah yang boleh diperkenalkan secara daring,” katanya.

Ia menambahkan, materi-materi itu meliputi pengenalan program kurikulum, pengenalan program kegiatan kesiswaan, kepemimpinan, pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, tatatertib sekolah, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan belajar efektif. (job3/sri)