Tolak RUU HIP, LSM GMBI Datangi DPRD Cianjur

Cianjurekspres.net – Penolakan terhadap pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP), juga disuarakan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Cianjur dengan mendatangi DPRD setempat, Rabu (8/7/2020).

Awalnya mereka akan menggelar aksi dengan mengerahkan massa, namun karena alasan kondusifitas terlebih di tengah Pandemi Covid-19, akhirnya dibatalkan dan memilih audiensi dengan wakil rakyat di DPRD Kabupaten Cianjur yakni Wilman Singawinata (Wakil Ketua DPRD) dan Prasetyo Harsanto (Ketua Fraksi Gerindra).

“LSM GMBI secara spontan menolak keras dengan pembuatan RUU HIP oleh DPR RI, karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Jelas itu (RUU HIP) ingin menyingkirkan Pancasila,” tegas Ketua LSM GMBI Distrik Cianjur, Cep Suhendi kepada wartawan.

Suhendi mengapresiasi sikap DPRD Kabupaten Cianjur yang juga menolak RUU HIP.

Baca Juga: Tegas! Fraksi Gerindra DPRD Cianjur Tolak RUU HIP

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Cianjur sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra, Prasetyo Harsanto, mengapresiasi teman-teman LSM GMBI yang menyampaikan aspirasi dengan damai dan sesuai koridor hukum sehingga ketertiban tetap terjaga.

“Kami sangat menolak RUU HIP tersebut, Fraksi Gerindra Cianjur sudah menyurati Fraksi Gerindra di DPR RI untuk disampaikan ke Komisi III. Kami sama dengan pusat, menolak dan dicabut dari Prolegnas 2020,” katanya.

Prasetyo mengaku, DPRD Kabupaten Cianjur sudah membuat draft yang isinya menolak pembahasan RUU HIP dan tinggal ditandatangani Ketua DPRD.

“Pasti kita menolak, draftnya nunggu ditandatangani Ketua DPRD langsung, sudah ada draftnya,” pungkasnya.(Herry Febriyanto)