Ormas Hasta Karya Partai Golkar Cianjur Tolak RUU HIP

Cianjurekspres.net – Penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) terus bermunculan dari berbagai elemen masyarakat.

Diantaranya Organisasi Hasta Karya DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur. Penolakan tersebut tertuang dalam kesepakatan yang dibacakan di Aula Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Jumat (3/7/2020).

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin, menjelaskan, kesepakatan yang disampaikan tersebut berdasarkan hasil rapat organisasi Hasta Karya DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur yang dihadiri  ketua dan perwakilan masing-masing organisasi. Seperti BM Kosgoro 1957, Soksi, MKGR, AMPG, Al-Hidayah, Himpunan Wanita Karya, AMPI, MDI, Satkar Ulama, dan KPPG.

Baca Juga: Tegas! Fraksi Gerindra DPRD Cianjur Tolak RUU HIP

“Kami dengan tegas menolak hadirnya RUU HIP tersebut, dan kami meminta agar DPR RI tidak melanjutkan pembahasan rancangan undang-undang tersebut,” ujar Mulyana kepada wartawan.

Mulyana menjelaskan, keputusan tersebut merupakan harga mati. Sebab, Partai Golkar akan selalu menjadi garda terdepan dalam menegakkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kami sudah pasti menolak RUU HIP untuk dibahas, apalagi disahkan menjadi undang-undang,” katanya.

Sementara itu Plt Ketua BM Kosgoro 1957 Kabupaten Cianjur, Ujang Arba Sopyan, menegaskan, kader partai dan organisasi di bawah naungan Partai Golkar tak pernah mendukung upaya mengubah Pancasila sebagai dasar negara. Untuk itu, kata dia, dengan tegas BM Kosgoro 1957 Kabupaten Cianjur menolak adanya upaya pembahasan RUU HIP oleh DPR RI.

“Kami di bawah sebagai kader partai dan organisasi Hasta Karya dengan tegas menolak pembahasan RUU HIP. Saya yakin DPP Partai Golkar pun mempunyai itikad yang sama dengan kader di bawah,” kata Arba.

Kalaupun ada upaya dukungan untuk membahas rancangan undang-undang tersebut di Senayan, lanjut Arba, keputusan tersebut belum tentu menjadi keputusan partai secara umum. “RUU HIP itu kan produk legislatif di Senayan, itu sebagai pandangan fraksi, jadi bukan keputusan partai,” tegas Arba.

Keputusan penolakan pembahasan RUU HIP oleh Ormas Hasta Karya DPD Partai Golkar Kabupaten tersebut dibacakan oleh Rudi Sjahdiar dari organisasi MKGR Kabupaten Cianjur.(rls/*)