Pertama di Jawa Barat, Disdik Cianjur dan Bank Bjb Luncurkan Aplikasi Edusmart

Cianjurekspres.net – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Bank Bjb Cabang Cianjur meluncurkan aplikasi edusmart yang memudahkan orangtua, guru dan dinas memantau proses belajar mengajar siswa di sekolah.

Aplikasi ini bisa diunduh di playstore khusus bagi siswa yang terdaftar di sekolah. Hingga saat ini sudah 100 SMP dan SMA yang menggunakan aplikasi tersebut

“Aplikasi edusmart ini kerjasama dengan bank bjb yang terintegrasi antara orangtua, siswa, guru dan dinas,” kata Kadisdikbud Kabupaten Cianjur, Oting Zena Mutaqin kepada wartawan di Kantor Cabang Bank Bjb Cianjur, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: KPK Datangi Kantor Disdik Cianjur

Oting mencontohkan, melalui aplikasi edusmart orangtua bisa mengetahui anaknya masuk sekolah atau tidak ketika melakukan absensi finger print (sidik jari).

“Begitu juga saat pulang sekolah. Termasuk orangtua bisa mengetahui program (kegiatan) apa saja di sekolah dan memantau melalui CCTV. Intinya mempermudah pengawasan,” katanya.

Oting pun menargetkan, seluruh sekolah di Kabupaten Cianjur menggunakan aplikasi edusmart. “Kita sudah mulai bulan ini, baru 100 sekolah dan bulan depan semua (sekolah) se Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Cabang Bank Bjb Cianjur, Arris Mirawan mengatakan, aplikasi edusmart merupakan bukti keberpihakan Bank Bjb terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Cianjur.

“Kondisi sekarang anak-anak sekolah di rumah, soal-soal melalui Whatsapp, email atau google home. Termasuk kehadiran dan nilai. Fitur unggulan edusmart sudah terintegrasi ke kurikulum 2013 dan RKS sekolah,” katanya.

“(Aplikasi edusmart) baru di Cianjur, harapan kami bertahap ke daerah lain,” tambah Arris.(Herry Febriyanto)