Wamen Desa ke Cugenang Cianjur, Kades Sebut Jokowi Bakal Panen Raya Bawang Putih di Cirumput

Cianjurekspres.net – Kedatangan Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi ke Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Kamis (2/7) dalam rangka persiapan panen raya bawang putih oleh Presiden Joko Widodo.

“Kedatangan Wamendes RI Budi Arie Setiadi ke Desa Cirumput, dalam rangka persiapan panen raya yang akan dilakukan sama bapak Jokowi pada bulan November nanti,” kata Kepala Desa Cirumput, Beni Irawan kepada Cianjur Ekspres.

Beni mengatakan, jika saat ini di daerah lahan pertanian di Desa Cirumput mulai ditanami bibit bawang putih. Saat ini kurang lebih sudah ada 22 hektar lahan pertanian di Cirumput yang sudah ditanami bawang putih.

Baca Juga: Tolong Diperbaiki, Tiga Jembatan Gantung di Waringinsari Takokak Cianjur Memprihatinkan

“Sekarang yang sudah ditanami bawang putih, kurang lebih sudah 22 hektar dan kalau dilihat dari kualitas buahnya sangat bagus dan memiliki mutu yang bagus,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan instruksi bahwa seorang investor itu diperbolehkan untuk menanam bawang putih. Namun tentunya sesuai dengan ketentuan yakni hanya 5 persennya.

“Investor dioperbolehkan untuk menanam bawang putih, tapi hanya 5 persen dari luas lahan yang ada,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Menteri Desa, Budi Arie Setiadi mengatakan, kegiatan kunjungannya ke wilayah Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang meninjau langsung kebun bawang putih. Saat ini Indonesia masih melakukan Impor bawang putih sebanyak 600 ribu ton per tahunnya.

“Jadi, kedepannya bagaiaman kita caranya tidak lagi mengimpor bawang putih. Dengan begitu perlu adanya keseriusan dari para petani untuk terus membudidayakan penanaman bawang putih khususnya di Kabupaten Cianjur,” kata Budi.

Budi mengatakan, jika saat ini desa-desa di Indonesia harus bisa menjadi garda terdepan sebagai penghasil atau punyuplai pangan baik itu dari beras, tanaman palaiwija, dan juga bawang putih.

“Kedepan desa ini bisa menjadi penyuplai bawang putih terbesar di indonesia, pada dasarnya kita harus optimis toh Indonesi juga sebelumnya pernah menjadi penghasil bawang putih terbesar se asia,” pungkasnya.(yis/sri)