Kenalkan Objek Wisata Melalui Jambore Pramuka

0 112

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengoptimalkan dan mengenalkan destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Campakamulya. Salah satunya dengan menggelar Jambore Ranting Pramuka di wahana wisata Curug Tilu Desa Sukabungah.

Ketua Panitia Kegiatan Jujun Koswara mengatakan, pemilihan lokasi wahana wisata Curug Tilu, merupakan satu bentuk untuk memasyarakatkan serta mengenalkan objek wisata alam yang dimiliki Kecamatan Campakamulya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, potensi yang ada dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. “Suasana di sini sangat pas dan asri untuk berbagai kegiatan pramuka, ke depan lokasi Curug Tilu ini akan kami patenkan sebagai bumi perkemahan Kecamatan Campakmulya,” kata Jujun kepada Cianjur Ekspres.

Jambore Ranting yang diikuti oleh ratusan pramuka perwakilan dari seluruh pangkalan SD, MI, SMP, MTS, dan SMK se-Kecamatan Campakamulya tersebut, diharapkan bisa menjadi wahana tukar pengalaman serta media evaluasi pembinaan kepramukaan di pangkalan gugus.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan, Otang Tardin mengatakan, selain untuk menempa diri di alam terbuka, jambore ini juga diharapkan menjadi magnet untuk pramuka agar lebih cinta alam sesuai dengan dharma yang kedua sekaligus wujud kepedulian pramuka terhadap alam.

“Selain berbagai kegiatan prestasi yang dilombakan, jambore kali ini juga ada kegiatan pembuatan komposter, manajemen sampah, pembuatan tong sampah, dan penanaman pohon perindang di lokasi kemah. Adapun kegiatan yang dilombakan antara lain Pbb, langkah pramuka, penjelajahan, pidato, dan K3 pertendaan,” kata  Otang.

Diharapkan, pramuka sebagai pendidikan non formal mampu melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak anak di lingkungan sekolah dan keluarga dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan aturan kepramukaan. (mg1/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.