Isu Gempa Besar Resahkan Warga

Viral di Medsos Terkait Alat Deteksi yang Dipasang PT PLN

0 209

 

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – PLN Area Cianjur mengimbau warga untuk tidak percaya dengan pesan berantai melalui aplikasi percakapan whatapps, terkait adanya alat pendeteksi gempa yang dipasang PT PLN (persero) dengan ditandai adanya pemadaman selama beberapa kali secara berturut-turut.

Seperti yang diketahui, belakangan ini muncul pesan berantai terkait deteksi gempa. Dalam pesan itu disampaikan jika pihak PLN sementara memasang perangkat deteksi dini gempa mulai beberapa hari lalu.

Jika terjadi mati lampu kemudian setelahnya ada tanda lampu kedap-kedip tiga kali, warga diimbau segera keluar rumah karena gempa kemungkinan dengan intensitas sangat tinggi terjadi. Di akhir pesan, ditulis jika pesan itu dibagian karena info tersebut didapat untuk daerah Jawa Barat.

Tidak sedikit orang yang percaya dengan informasi tersebut. Bahkan ada juga yang mempostingnya di media sosial facebook dan lainnya. Saat dikonformasi terkait hal tersebut, Humas PT PLN (persero) area Cianjur, Asriningsih, mengatakan, jika tidak benar PLN memasang alat deteksi gempa.

“Memang kemarin kan beredar banyak broadcast yang minta waspada kalau padam listrik terus kedip 3 kali. klarifikasi dari PLN, Bahwa PLN tidak sedang memasang alat deteksi gempa,” kata Asri saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (24/8).

Dia pun mengimbau jika warga tidak mudah percaya dengan informasi yang hanya akan membuat kekhawatiran tersebut. “Jika sumbernya tidak jelas, diharapkan jangan dulu percaya. Lebih baik menanyakan langsung pada PLN,” ujar Asri.

Dia pun menjelaskan, adapun terjadi pemadaman, biasanya dilakukan ketika sudah terjadi gempa bumi. Dimana hal itu dilakukan untuk mengantisipasi rusaknya jaringan akibat gempa yang membahayakan warga.

“Kalau deteksi dini itu tak ada, yang ada pemadaman pasca gempa untuk tujuan keamanan. Sebenarnya pada semua peristiwa bencana besar juga dilakukan pemadaman demi keamanan warga,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.