HMI Cianjur Menggelar Dialog Ekonomi Dan Kepemudaan

0 64

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur, menggelar program dialog ekonomi dan kepemudaan yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Mahasiswa KKN Unsur, di Aula Desa Cibulakan, Kamis (23/8).

Program dialog ekonomi dan kepemudaan ini mengangkat tema Peningkatan Ekonomi Mikro dan Peranan Pemuda Dalam Ekonomi Era Milenial. Dimana perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada gaya hidup anak muda saat ini yang biasa disebut generasi millenial atau generasi digital native.

Generasi muda saat ini tumbuh dalam lingkungan serba digital. Berkat internet, mereka dapat menjalankan berbagai aktivitas menjadi lebih mudah. Pertumbuhan millenial membuat populasi mereka menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru. Dimana kedepannya, para pemuda lah penggerak roda perekonomian Indonesia.

Dalam dialog ini, Ketua Umum HMI Cabang Cianjur, Paisal Anwari mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Cibulakan terkait UKM koperasi, dan peran pemuda dalam peningkatan ekonomi mikro.

“Bagaimana pemahaman ekonomi dan koperasi ini harus diimplementasikan di Desa Cibulakan, khususnya juga pemudanya harus berperan aktif dalam pembangunan ekonomi masyarakat tersebut,” kata Paisal, Kamis (23/8).

Menurut Paisal dari kacamata ekonomi politik, peran pemuda adalah sebagai inovator karena digitalisasi sangat mempengaruhi proses komodifikasi dan spasialisasi melalui teknologi. Dimana komodifikasi itu sendiri merupakan sebuah proses mengubah sesuatu menjadi bernilai ekonomis.

“Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, generasi muda saat ini (millenial, red) ikut membangun ekonomi lewat dunia digital. Tumbuhnya ekosistem digital ikut membangun kekuatan ekonomi baru.

“Dimulai dari pemudanya yang harus aktif juga dalam bidang usaha dan pembangunan ekonomi masyarakat khususnya dilingkungan itu sendiri. Dan saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih atau kontribusi untuk pembangunan masyarakat,” ungkapnya. (mg2/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.