Cegah Covid-19, Pengunjung Pasar GSP Sukaresmi Cianjur Wajib Pakai Masker

Cianjurekspres.net – Manajemen Pasar GSP Sukaresmi, Cianjur mewajibkan seluruh pedagang dan pengunjung menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Pedagang maupun pembeli diwajibkan menggunakan masker, dan hanya bisa masuk ke jalur yang sudah ditentukan,” kata Koordinator Keamanan Pasar GSP Sukaresmi, Dadang Gurnida, Senin (18/5/2020).

Baca Juga: Berdesakan Belanja Lebaran, Ahli Epidemiologi Unpad Ingatkan Bahaya Penyebaran Covid-19

Dadang menegaskan, meskipun pasar swasta, pihaknya menerapkan standar operasional prosedur (SOP) bagi pengunjung pasar. Termasuk pedagang, pengelola MCK, dan petugas parkir.

“Saat masuk pasar, akan dicek suhu tubuh dengan menggunakan thermogun. Jika tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan masuk.Kalau suhu tubuh melebihi 37 derajat akan dibawa ke Pos Kesehatan yang sudah disediakan, di sana ada petugas medis,” ujarnya.

Bagi para pedagang, kata Dadang, diminta untuk mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak baik dengan pembeli maupun sesame peddagang. Hal yang sama juga berlaku bagi petugas parkir. Selain penggunaan masker, manajemen juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar pasar secara berkala.

“Kami sebagai pengelola pasar swasta sudah menerapkan SOP sejak PSBB diberlakukan di Cianjur. Tapi, pasar pemerintah, masih ada yang tidak mematuhi surat edaran Bupati Cianjur tentang peningkatan kewaspadaan resiko penularan Covid -19,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pedagang tidak keberatan dengan aturan itu. Bahkan banyak pedagang mengingatkan konsumen untuk memakai masker. “Upaya ini sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Alhamdulillah, sesuai protokol kesehatan, konsumen merasa lebih nyaman dan aman dalam berbelanja,” terangnya.(yis/*)