Warga Berebut Hadiah di Atas 35 Pohon Pinang

0 72

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Sebanyak 35 pohon pinang yang dipasang di Lapangan Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Selain lomba panjat pinang, dalam kegiatan ini Kepala Desa Sukaraharja juga memberikan santunan bagi 60 anak yatim piatu yang ada di wilayahnya.

Sejak pagi, warga dari 33 rukun tetangga yang ada di Desa Sukaraharja sudah memadati lapangan untuk menyaksikan para peserta lomba panjat pohon pinang. Masing-masing RT dan warganya wajib memanjat dan menghabiskan hadiah yang sudah dipasang panitia.

Kepala Desa Sukaraharja, H Syaefudin atau yang akrab disapa Haji Abo, mengatakan, tujuan diadakannya panjat pinang ini untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-37. Selain menggelar panjat pinang, Kepala Desa Sukaraharja, juga melakukan aksi berbagi dengan puluhan anak yatim yang ada di desanya.

“Tadi pagi selesai upacara ada perlombaan 33 dondang (jampana) yang berasal dari 33 RT. Diadakannya kegiatan ini agar tradisi budaya yang sudah ada sejak lama tak hilang, dan bisa terus menerus digelar disetiap perayaan hari besar,” kata Syaefudin.

Ia mengatakan, tujuan lain dari diadakannya perlombaan panjat pinang adalah untuk silaturahmi warga yang ada di 33 RT. “Masing-masing tiang dipanjat oleh warga sekitar, di perlombaan ini ada pesan silaturahmi karena warga berkumpul di lapangan,” ujar Syaefudin.

Syaefudin mengungkapkan, selain perlombaan dondang dan panjat tebing, ada juga perlombaan bidang keagamaan. “Malam harinya kami adakan perlombaan bidang keagamaan, dan malam puncaknya ada tabligh akbar,” pungkasnya. (mg2/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.