70 ribu detik Cianjur Jago Festival Dihiasi Pawai Budaya Nusantara

0 281

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Gelaran pawai budaya nusantara akan mengisi parade event ’70 ribu detik Cianjur Jago Festival’ yang merupakan puncak peringatan Hari Jadi Cianjur ke-341 sekaligus HUT Kemerdekaan RI ke-73, Sabtu (18/8).

Pertunjukan budaya nusantara yang akan digelar sesuai dengan tema yang diusung dalam festival tahun ini, yakni Semarak Budaya, Bhineka Tunggal Ika.

“Jadi nanti ada sekitar 32 budaya dari daerah-daerah di Indonesia yang ditampilkan, mulai dari Bali, Sunda, dan daerah lainnya dalam pawai yang juga diikuti oleh peserta dari setiap OPD dan Kecamatan di Kabupaten Cianjur,” ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana, saat bersilaturahmi di kantor PWI Kabupaten Cianjur, Kamis (15/8).

Menurutnya, Cianjur Jago Festival dibagi dalam tiga rangkaian acara, mulai dari pembukaan, ditandai dengan dinyalakannya tujuh buah lodong (meriam bambu) oleh Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. Kegiatan pun dilanjutkan dengan helaran budaya yang diikuti oleh peserta dari OPD, setiap kecamatan, dan peserta lainnya.

“Untuk di bagian paling depan nanti ada marchingband, kemudian kereta kencana yang ditunggangi bupati dan para pejabat, kuda kosong, dan peserta lainnya,” kata dia.

Untuk rutenya, iring-iringan helaran akan berjalan dari titik awal di Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Jalan Prof Moch Yamin. Setelahnya melintasi Jalan KH Hasyim Ashari, menuju Jalan Suroso, kemudian ke Jalan Otista, dilanjutkan menuju Jalan Siti Jenab dan berakhir di panggung kehormatan di Jalan SIliwangi.

“Untuk helaran akan dimulai pada pukul 08.00 Wib. Di sana kami akan tampilkan budaya dari setiap daerah di nusantara, baik berupa pakaian adat hingga rumah-rumah dari daerah yang ditampilkan,” tuturnya.

Setelah itu,kegiatan akan itu akan berlanjut ke Taman Prawatasari yang sudah tersedia tujuh panggung sesuai dengan tujuh pilar budaya Kabupaten Cianjur. “Tujuh panggung itu dinamai sesuai dengan tujuh pilar budaya Kabupaten Cianjur, yakni Ngaos, Mamaos, Maenpo, Tatanen, Tanginas, Someah, dan Sauyunan,” ucapnya.

Puncaknya, Cianjur Jago Festival akan ditutup dengan parade band dengan bintang band Padi Reborn. “Kami mengundang bintang tamu Padi Reborn yang akan menyemarakan kegiatan ini nanti,” kata.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, mengapresiasi dukungan dan partisipasi media massa di Kabupaten Cianjur yang mendukung event tersebut. Gagan menganggap penting peran media karena menjadi bagian dari suksesi acara nanti.

“Peran media sangat kami butuhkan. Bukan hanya dalam kegiatan ini saja, tapi juga seluruh program Pemkab Cianjur. Tanpa dukungan media, program yang sudah kami lakukan tak berarti apa-apa,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.